shop-triptrus

Masjid Agung Mamuju

  • Image courtesy of Wikipedia
   
Masjid Agung Mamuju (Masjid Raya Suada) adalah sebuah masjid yang terdapat di Mamuju Sulawesi Barat. Masjid ini memiliki 4 menara setinggi 75 meter. Masjid yang bernama asli Masjid Syuhada ini selesai dibangun dan mulai digunakan pada Ramadhan 2009.

Kubah masjid yang berjumlah tujuh buah merepresentasikan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi. Di bawah kubah induk tertera 25 nama nabi dan rasul. Nama-nama ini dibuat dari bahan kaca patri. Untuk menuju ruang ibadah utama, pengunjung harus memiliki tangga yang dilingkup oleh relung tembok. Masjid memiliki 33 anak tangga di tiga penjurunya. Jumlah 99 anak tangga tersebut memberi makna jumlah tasbih.

Hal yang istimewa di Masjid Agung Mamuju adalah terdapatnya kaligrafi yang terbuat dari emas murni dengan kandungan 22 karat yang diletakkan di atas mimbar. Kaligrafi yang bertuliskan “Allah” dan “Muhammad” itu memiliki diameter sekitar 170 cm. Selain itu terdapat juga sejumlah kaligrafi lain yang dipasang di bagian plafon masjid. Berbagai ornamen dan bagian-bagian bangunan masjid juga semakin menambah kesan cantik pada masjid ini karena dihiasi dengan cat yang berwarna-warni.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Masjid Agung Mamuju at this time

×

...