shop-triptrus

Garabunga

  • Image courtesy of dienosangaji.blogspot.com
  • Image courtesy of Kompas.com
  • Image courtesy of travel.detik.com
  • Image courtesy of travel.detik.com
   
Desa Gurabunga terletak di Gunung Kie Matubu di ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Lokasi desa ini bisa diakses dengan menggunakan angkutan umum dari Kota Soasio. Gurabunga sendiri berarti kebun bunga dalam bahasa tidore. Dan memang ketika memasuki desa ini anda akan disambut oleh bunga yang tertata rapi di pinggir-pinggir jalan.

Sejarah desa ini berawal dari sebuah danau atau gurua dalam bahasa tidore yang akhirnya mengering. Orang-orang sekitar kemudian menjadikannya sebagai tempat bercocok tanam dan akhirnya menetap. pada zaman dahulu, hubungan antara Gurabunga dengan Kesultanan Tidore sangat dekat. Jika Tidore merupakan pusat pemerintahan maka Gurabunga merupakan pusat spiritual dari kerajaan Tidore.

Selain merasakan sejuknya pegunungan, anda juga dapat menikmati kawasan pedesaan yang sangat bersih dan tertata rapi. Di sini anda juga dapat berkunjung ke rumah-rumah adat Folajikosarabi milik sowohi atau petinggi adat Gurabunga yang sejajar posisinya dengan Raja Tidore. Pemandangan dari desa ini juga tak kalah indah. Anda dapat melihat lautan biru dengan jelas, bahkan pulau halmahera pun terlihat dari desa ini.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Garabunga at this time

×

...