indietravelmart 2018

Gunung Tidore

  • Image courtesy of dienosangaji.blogspot.com
  • Image courtesy of yosgama.wordpress.com
  • Image courtesy of yosgama.wordpress.com
   
Gunung Tidore atau Gunung Kie Matubu merupakan gunung berapi tidak aktif yang berada di tengah-tengah pulau Tidore. Jika pulau Ternate memiliki Gunung Gamalama yang seakan mencakup keseluruhan pulau Ternate, maka demikian pula dengan Gunung Tidore. Gunung ini memiliki ketinggian 1.730 meter di atas permukaan laut, lebih tinggi 15 meter dibanding Gunung Gamalam dikarenakan bentuk puncaknya yang lebih lancip.

kaki Gunung Tidore sudah tampak dari Pelabuhan Rum. Dari sini anda dapat memilih jalur untuk mencapai puncak Gunung ini, antara melewati Desa Gurabunga atau Desa Mareku. Perjalanan menuju puncak Kie Matubu. Jika melewati Desa Gurabunga, di perjalanan anda akan melewati rumah adat Gurabunga yang digunakan untuk acara-acara adat.

Dari puncak Gunung Tidore, anda dapat menyaksikan Pulau Ternate beserta Gunung Gamalama dan Pulau Maitara. Di sini juga terdapat tugu tanda puncak Kie Matubu. Pemnadangan matahari terbit dan terbenam di tengah laut juga sangat istimewa, sayang untuk dilewatkan.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Gunung Tidore at this time

×

...