shop-triptrus

Sentra Gerabah Banyumulek

  • Image courtesy of http://renijudhanto.blogspot.com
  • Image courtesy of http://lombok.panduanwisata.com
  • Image courtesy of http://lombok.panduanwisata.com
  • Image courtesy of http://garudamandiri.com
   
Sentra Industri Gerabah Banyumulek merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Banyumulek dalam bahasa sasak berarti air yang jernih. Selain itu, terkenal sebagai wilayah dengan kondisi tanah yang mempunyai kualitas bagus. Maka dari itu, kerajinan gerabah di desa ini sangat baik. Kemudian desa yang berjarak sekitar 14 km selatan mataram ini, ditetapkan sebagai Sentra Industri Gerabah unggulan di Nusa Tenggara Barat.
Proses pembuatan gerabah desa banyumulek masih menggunakan tradisional seperti proses pembakaran gerabah masih menggunakan kayu bakar dan jerami kering.Pembakaran gerabah seperti ini mempunyai keuntungan yaitu gerabah yang dibakar bisa secara besar-besaran dan mudah untuk pemberian warna. Namun kelemahan dari pembakaran seperti ini adalah gerabah mudah retak dan tidak tahan lama.
Harga kerajinan gerabah di Banyumulek ini sangat bervariasa tergantung dari model dan tingkat kesulitan pembuatanya yakni sekitar 5ribu sampai 500ribu. Contohnya lampu hias di jual seharga Rp. 55.000 sedangkan ceret atau teko Rp. 12.500 dan pot bunga Rp. 5.000 sampai Rp. 20.000 kalau tong sampah mewah Rp. 40.000 sedangkan gentong besar Rp. 75.000, aneka guci Rp. 50.000, mangkuk buah motif primitif Rp. 40.000, satu tea-seat kulit telur Rp. 60.000 dan lain sebagainya.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Sentra Gerabah Banyumulek at this time

×

...