shop-triptrus


Okt/10


Indonesian Contemporary Art and Design 2024

TripTrus.Com - Wih, nih, lo pada tau ga? Ada acara keren namanya Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD), bro! Jadi, ICAD itu ngejembatani seni sama desain dari segala bidang, dari desain interior, produk, arsitektur, sampe yang lain-lain gitu, kayak fashion, film, perhotelan, teknologi, makanan, minuman, pokoknya macem-macem deh. Ini kayak platform keren yang ngefasilitasi kolaborasi antara bidang-bidang tersebut, dan juga jadi pameran gede-gedean yang ngerekam karya seni dan desain kontemporer di Indonesia, sambil peluk keragaman budaya kita, gitu.       View this post on Instagram A post shared by Raditya Ardianto Taepoer (@raditard) Tiap kali ada pameran, pasti bakal ada karya-karya kreatif dari segala bidang, dari yang senior sampe yang muda-muda, dan ada juga kolektif atau komunitas yang punya misi serupa. Karya-karya mereka diacak-acak ke dalam lima kategori, yakni Special Appearance, In Focus, Featured, Open Submission, dan Collaboration. [Baca juga : "Dieng Culture Festival 2024"] Nah, ICAD 14 ini ngeluarin tema keren abis, yaitu "Aura". Dalam konteks keadaan dunia yang lagi ribet gini, "Aura" beneran punya arti dalam, bro. Para seniman dan desainer Indonesia, lewat karya-karya keren mereka, lagi nyoba hadepin masalah-masalah penting kayak lingkungan, budaya, dan teknologi. Mereka lagi nyari cara buat ngimbangin tradisi sama zaman sekarang yang lagi berubah dengan cepet. Mereka ngegabungin tenaga mereka lewat "hyper-innovation" gitu, buat ngasih perspektif yang relevan bukan cuma di Indonesia, tapi global juga. Pameran ini bakal nunjukin kemampuan mereka dalam ngadepin ribetnya zaman sekarang, dan buka peluang buat masa depan yang lebih oke dan adil untuk semua. (Sumber Foto: @naastarkeju) 
...more

Okt/07


Wayang Jogja Night Carnival 2024

TripTrus.Com - Bro, tau gak, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) udah jadi acara keren banget di Kota Jogja, tiap 7 Oktober setiap tahunnya buat merayain ultahnya Kota Jogja. WJNC tuh kayak karnaval jalanan, tapi munculin tema pewayangan, mulai dari 2016 lho. Di sini, kita bakal liat seni koreografi, busana keren, musik yang kekinian, dan lampu-lampu yang bikin wah. Awalnya sih cuma karnaval, tapi seiring berjalannya waktu, jadi street art yang nggak lupa sama Tugu Jogja, mobil-mobil hiasan, dan tentu aja, wayang. Dan yang seru, ini acara malam, bro!       View this post on Instagram A post shared by Fikri - Ihsan R (PEPY) (@pepy_fikri) [Baca juga : "Dieng Culture Festival 2024"] Nah, WJNC ini juga bawa tema-tema cerita pewayangan yang seru, involving peserta dari 14 kecamatan di Kota Jogja. Buat yang edisi #9, mereka bakal angkat cerita Gatotkaca Wirapraja, yang isinya keren banget, ada tokoh Gatotkaca yang keren abis. Dia tuh contoh banget buat orang-orang, pemberani, dan patriot juga. Gatotkaca ini udah jadi kayak pahlawan lokal banget deh, iconic banget buat Indonesia. Terus, kayak tahun-tahun sebelumnya, WJNC #9 ini bakal kolaborasi sama komunitas seni, UMKM, dan instansi terkait, buat kasih pengalaman yang lebih ke pengunjung lewat "WJNC Fest". Seru kan, bro! (Sumber Foto: @wiwitbrahmantyo) 
...more

Agu/23


Dieng Culture Festival 2024

TripTrus.Com - Bro, Dieng Culture Festival atau yang biasa disebut Festival Dieng itu keren abis, lo! Ngeliatin alam yang keren, budaya yang kece, dan tradisi kental banget di Dataran Tinggi Dieng. Mereka bikin festival ini buat ngembangin desa lewat pariwisata komunitas, ninggalin warisan seni dan budaya lokal, ngeramein industri kreatif di desa lewat pertunjukan, dan ngebantu anak gimbal yang susah.       View this post on Instagram A post shared by Tour & Travel, Event Organizer (@maukemanasi) Yang uniknya, Dieng Culture Festival juga bakal ada acara cukur gimbal sambil ada pertunjukan seni, Jazz Atas Awan, dan penerbangan lampion di Dataran Tinggi Dieng. [Baca juga : "Festival Pacu Jalur 2024"] Dieng Culture Festival 2024 pake tema "Journey of Culture" dan digelar bulan Agustus, pas lagi musim eksotis di mana suhu Dieng bisa sampe 0 derajat celcius, mirip suasana Eropa gitu. Tempatnya di Kompleks Candi Arjuna, tempat ikonik yang nyatuin candi sama budaya lokal, termasuk acara cukur gimbal itu. (Sumber Foto: @jayakarta_travel) 
...more

Agu/20


Festival Pacu Jalur 2024

TripTrus.Com - Bro, Festival Pacu Jalur Tradisional tuh kayak event wajib tiap tahun di Kabupaten Kuantan Singingi. Dah dari jaman nenek moyang, tradisi ini udah diwarisin terus sampe sekarang. Gak cuma itu, Pacu Jalur juga jadi satu-satunya di dunia, bro!       View this post on Instagram A post shared by Agustinus Elwan (@agustinuselwan) Nah, inget gak sama keramaian dan kehebohan tahun lalu? Karena itu, setiap jalur punya tukang tari khas mereka, yang jadi ikon gitu. Biasanya si tukang tari itu anak kecil yang punya keseimbangan tubuh keren. Pas jalurnya menang, mereka berdiri di haluan sambil joget-joged, seru banget! [Baca juga : "Festival Budaya Lembah Baliem 2024"] Tapi Pacu Jalur bukan cuma kompetisi aja, bro. Ini juga buat majuin ekonomi daerah. Temanya tuh keren, “Pariwisata Maju, Ekonomi Meningkat, Masyarakat Sejahtera.” Di festival ini juga ada pawai budaya, prosesi begulang dan peragu begandung, festival budaya, pentas seni, musik tradisional, sampe bazar dan pameran UMKM. Seru kan! (Sumber Foto: @riez_aries) 
...more

Agu/07


Festival Budaya Lembah Baliem 2024

TripTrus.Com - Yo, tahun 2024, Festival Budaya Lembah Baliem menginjak usia 32! Gila-gilaan deh, ini festival keren banget yang bikin Wamena jadi pusat perhatian buat turis lokal maupun mancanegara, jadi kaya ikon pariwisata gitu.       View this post on Instagram A post shared by Stefi Lee (@stefi_lee92) Di festival ini, kita bakal dihibur dengan atraksi keren yang nunjukin sejarah leluhur suku Hubula, mulai dari aksi perang kolosal sampe main olahraga keren kayak sikoko dan puradan yang bikin otot-otot ketarik. Ada juga lomba karapan babi, liat aja seru banget! Terus ada yang namanya Bakar Batu, cara masak tradisional yang bikin ngiler. [Baca juga : "Jember Fashion Carnaval 2024"] Nggak cuma itu, kita juga bakal disuguhin dengan tarian dan musik tradisional Pikon yang bikin kita semua bergoyang dan ketawa bareng. Di puncak acara, bakal ada karnaval budaya Nusantara yang ngasih kita semangat buat ngerayain ulang tahun RI yang ke-79. Keren, kan? Jadi, jangan sampai ketinggalan! (Sumber Foto: @carstenszpyramidguides)   
...more

Agu/01


Jember Fashion Carnaval 2024

TripTrus.Com - Jember Fashion Carnaval (JFC) tuh acara karnaval yang ngeliput seni, budaya, dan kreativitas lokal, geng. Mereka bakal nampilin busana-busana keren yang terinspirasi dari budaya nusantara, bikin penonton dari dalam dan luar negeri terpana. Dijamin seru abis! Ngga pandang bulu, semua model/talent bisa ikutan, asik kan?       View this post on Instagram A post shared by INFO JEMBER (@infojember) Di tahun 2024, tema yang diangkat JFC adalah "Algorithm" yang artinya mereka mau ceritain perjalanan hidup yang dipenuhi dengan problem-solving. Ada sepuluh defile keren yang bakal ditaro di jalan sepanjang 3,6 km, kayaknya bakal seru banget! Ada Wayang, Chess, Versailles, Zodiac, Angel, Jember 2045, Betta Fish, Rio, Climate, dan Media yang semuanya ngasih gambaran unik tentang Algorithm. [Baca juga : "Semasa Piknik 2024"] Nah, tempatnya juga oke banget, geng! JFC digelar di Central Park of Jember, di alun-alun deket Kantor Bupati Jember. Di sekitar situ banyak ikon keren, kayak Masjid Jami al Baitul Amien, Kantor Pos, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember, dan bangunan lainnya yang bikin lokasi ini jadi tempat yang strategis buat ngadain acara. (Sumber Foto: @intanavantie.inav) 
...more

Jul/24


F8 Makassar 2024

TripTrus.Com - Festival & Forum Internasional Makassar yang Keren-Keren ini, gabung-gabungin semua hal keren dari Indonesia, kayak seni, budaya, dan makanan enak dalam satu acara gokil! Ada makanan, fashion, musik keren, film, seni keren, penulis kece, orang-orang asik, dan juga alam yang indah banget di kota Makassar. Buat para seniman, budayawan, dan chef, acara ini kayak "Lebaran Buat Industri Kreatif", pokoknya seru abis!       View this post on Instagram A post shared by Pamungkas (@pamggung) [Baca juga : "Semasa Piknik 2024"] Di tahun 2024, acara keren ini punya tema "The Unity", lanjutan dari tema sebelumnya "The Next Gen Treasure" yang nunjukin bahwa meskipun beda-beda suku, agama, dan budaya, semuanya bisa jadi satu di acara ini. Makin keren lagi, tahun ini acaranya bakal lebih fokus ngebangun persatuan budaya Nusantara dengan seni kontemporer yang unik. Contohnya, ada suku Betawi yang ngikutin tradisi Bugis Makassar, dan juga adat Suku Batak yang mirip sama suku Toraja. Semua itu bakal jadi bagian dari perhelatan keren di F8 Makassar yang gabungin budaya Nusantara sama dunia! Mantap, kan? (Sumber Foto: @dpramdhanpomanto) 
...more

Jul/09


Banyuwangi Ethno Carnival 2024

TripTrus.Com - Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024 bakalan beda banget dari sebelumnya. Tahun ini, BEC bakal digelar malam-malam dengan lighting keren sepanjang 2,5 km jalan. Tema tahun ini "The Revival of Village", biar potensi Desa Wisata di Banyuwangi makin ngehits, nggak cuma di dalam negeri tapi juga luar negeri. Biasanya digelar siang-siang, tahun ini BEC bakal jadi lebih spesial!       View this post on Instagram A post shared by Fia (@firstayap) Awalnya, BEC 2024 direncanain di Kecamatan Genteng buat pemerataan lokasi event dan peningkatan ekonomi. Tapi, setelah survei dan berbagai pertimbangan, akhirnya diputuskan balik lagi ke Kota Banyuwangi. Ainur Rofiq, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, bilang kalau Genteng kurang cocok karena bakal ganggu akses ke RSUD Genteng dan RS Al Huda, plus aktivitas di Pasar Genteng juga bisa terganggu. [Baca juga : "Festival Ronthek Pacitan 2024"] Rofiq cerita kalau tim panitia udah beberapa kali survei lokasi dan mempertimbangin banyak hal. Keputusan ini juga udah dirapatin bareng instansi pemerintahan, pemangku wilayah, dan stakeholder. Biar lebih jelas, parade BEC nanti bakalan start di depan Hotel Blambangan, bukannya di depan SDN 1 Kepatihan kayak tahun-tahun sebelumnya. Dari Hotel Blambangan, parade bakal jalan contraflow ke Simpang Lima, belok kiri, dan finish di depan kantor Kecamatan Banyuwangi. Panjang rutenya sekitar 2 km, sama kayak sebelumnya. Dengan perubahan lokasi ini, harapannya BEC 2024 tetap bisa berjalan meriah tanpa ganggu aktivitas masyarakat dan fasilitas penting. Jadi, siap-siap aja buat nikmatin karnaval budaya kontemporer yang kece ini! (Sumber Foto: @iftaul) 
...more

Jul/07


Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2024

TripTrus.Com - Tabuik itu udah jadi kebanggaan banget buat warga Kota Pariaman, ngerayain warisan budaya yang udah berkembang dua abad terakhir ini. Kata "Tabuik" asalnya dari Bahasa Arab, "Tabut" yang artinya peti atau kotak kayu, jadi simbol buat nginget terbunuhnya Hasan-Husein pada 10 Muharam. Awalnya, Tabuik digelar sama anak nagari sebagai Tabuik Adat, tapi sekarang udah jadi Tabuik Wisata "Pesona Hoyak Tabuik Piaman" yang diakui sama Pemerintah Daerah dan masuk dalam Calendar of Event (CoE) Kota Pariaman.       View this post on Instagram A post shared by Hoyak Tabuik Piaman (@hoyaktabuikpiaman) Event ini tiap tahun digelar selama 15 hari, jadi jantung pariwisata Sumatera Barat, sumber keeratan ikatan budaya, dan kebersamaan masyarakat. Rangkaian Pesona Hoyak Tabuik dimulai dengan Prosesi Mambiak Tanah, Manabang Batang Pisang, Maatam dan Maradai, Maarak Jari-Jari, Maarak Saroban, Tabuik Naik Pangkek, Mahoyak Tabuik, dan diakhiri dengan Tabuik dibuang ka Lauik di Pantai Gandoriah. [Baca juga : "Banyuwangi Ethno Carnival 2024"] Pantai Gandoriah bukan cuma jadi destinasi unggulan Kota Pariaman, tapi juga punya makna historis sebagai tempat pelarungan tabuik tiap tahunnya. Selama event berlangsung, pengunjung bisa nikmatin bazar ekraf, atraksi kesenian dan kebudayaan, lomba kesenian tradisional, talkshow tentang kesenian dan kebudayaan, serta berbagai pertunjukan lainnya. (Sumber Foto: @mediacenterkotapariaman) 
...more

ButikTrip.com
remen-vintagephotography

Upcoming Trips

Citarik River Rafting
29 Jun 2024
Getaway Tunda Island
29 - 30 Jun 2024
Pulau Harapan
29 - 30 Jun 2024
Baduy Dalam Jalur Ciboleger
29 - 30 Jun 2024
Baduy Dalam Jalur Ciboleger
29 - 30 Jun 2024
×

...