shop-triptrus

Creating Trips


1.

Bagaimana cara membuat trip di TripTrus?

Klik tombol [Create Trip] di halaman Anda untuk membuka halaman Create Trip dan mulai mengisi berbagai informasi yang diperlukan. Setelah semua selesai, Anda bisa menyimpannya atau langsung klik [Publish] supaya trip Anda langsung dimoderasi oleh tim TripTrus (masa tunggu maksimal 1x24 jam) dan ditampilkan di TripTrus. Anda pun bisa langsung mensosialisasikan trip tersebut dengan berbagai fitur Share yang tersedia (FB, Twitter, by e-mail, dsb.) PENTING: Untuk bisa menjadi Operator dan membuat trip, Anda harus mengisi semua kelengkapan data di halaman profil Anda.

2.

Kenapa Operator wajib mengisi semua informasi?

Ini merupakan salah satu usaha TripTrus untuk mencegah fraud alias penipuan, juga salah paham. Dengan kelengkapan informasi yang diberikan, diharapkan kita semua bisa ikut meminimalisir risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

3.

Setelah membuat trip, bagaimana mengatur pembayaran dan sebagainya?

Masuk ke halaman Manage Trip Anda dan klik trip yang Anda ingin atur untuk membuka daftar pesertanya. Dari situ, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia untuk meng-update status pembayaran, mengirim pemberitahuan dan sebagainya.

4.

Apa ada fasilitas untuk memudahkan saya berinteraksi dua arah dengan para partisipan trip saya?

Setiap trip memiliki halaman forum diskusi yang hanya bisa diisi oleh Operator dan peserta trip tersebut. Operator pun berkewajiban membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan trip sampai jelas. Bila ada hal bersifat sensitif yang perlu dibahas dengan partisipan tertentu, silakan berhubungan langsung melalui e-mail atau direct contact lainnya.

5.

Bagaimana saya tahu bila ada peserta yang membayar?

Saat mendaftar ikut trip, semua partisipan trip Anda secara otomatis mendapat e-mail invoice/tagihan sesuai jumlah biaya mereka, yang juga mencakup link untuk konfirmasi pembayaran. Bila peserta melakukan konfirmasi, Anda sebagai Operator akan secara otomatis mendapat pemberitahuan. Silakan periksa di bank Anda apakah pembayaran sudah benar Anda terima, lalu update status pembayaran partisipan tersebut.

6.

Bagaimana cara meng-update status pembayaran pendaftar atau mengubah status pendaftar jadi peserta yang sah?

Masuk ke daftar peserta trip Anda, temukan peserta yang bersangkutan lalu klik tombol update dalam kolom payment. Status pembayaran pendaftar akan berubah dan e-mail pemberitahuan akan terkirim secara otomatis. Bila pembayaran lunas, secara otomatis pendaftar tersebut sah menjadi peserta dan akan mendapat e-mail berisi tiket untuk trip Anda.

7.

Bolehkah memakai metode pembayaran alternatif?

Pembayaran dengan transfer pun masih mengandung risiko penipuan, atau kesalahpahaman. TripTrus tidak menganjurkan metode pembayaran selain transfer, seperti Cash On Departure (COD) atau lainnya, karena risiko penipuan dan kesalahpahaman lebih tinggi lagi. Namun jika baik Operator maupun peserta tidak berkeberatan dengan metode pembayaran tersebut, TripTrus tidak melarang. Mohon diingat bahwa semua risiko kontak (termasuk pembayaran) ditanggung oleh user sendiri, baik Operator maupun peserta, dan TripTrus tidak bisa dimintai pertanggungjawaban apa pun. Untuk tahu lebih jelas soal tanggung jawab user dan tanggung jawab TripTrus, silakan lihat Ketentuan Layanan.

8.

Bagaimana jika ada berbagai detil pembayaran yang perlu dibicarakan langsung dengan peserta?

TripTrus selalu menganjurkan pendaftar trip untuk berhubungan langsung dengan Operator jika ada yang perlu dibicarakan soal pembayaran, begitu juga sebaliknya. Bagaimana pun, TripTrus hanyalah penyedia platform dan fasilitas. Operatorlah yang paling tahu dan bertanggung jawab atas tripnya. Peserta jugalah yang harus menilai sendiri apakah Operator bisa dipercaya dan apakah dia mau melakukan pembayaran.

9.

Bagaimana jika trip terpaksa harus dibatalkan?

TripTrus menyediakan fasilitas pemberitahuan serentak pembatalan trip, di mana Operator juga bisa menjelaskan alasannya. Harap diingat bahwa TripTrus tidak ikut bertanggung jawab jika ada pihak yang kemudian merasa dirugikan, terutama jika sudah terjadi proses pembayaran. TripTrus mengizinkan peserta menghubungi Operator secara langsung untuk meluruskan kesalahpahaman atau apa saja yang terjadi. Penyelesaian masalah, baik secara online ataupun offline, merupakan tanggung jawab user, baik Operator maupun partisipan trip.

10.

Apa trip yang saya buat di TripTrus juga boleh dipromosikan di tempat lain, misalnya di website saya sendiri?

Tentu saja. Operator boleh memanfaatkan online social media, juga website atau blognya sendiri untuk mempromosikan tripnya. Anda juga bisa memasang link halaman trip Anda di TripTrus pada website Anda tersebut, supaya peserta yang terjaring terdaftar di satu tempat dan mempermudah administrasi Anda. TripTrus juga menyediakan banner dan badge yang bisa diunduh untuk dipasang di website, blog atau Facebook page Anda. Selain memperlihatkan afiliasi, ini juga bisa dimanfaatkan sebagai link.

11.

Apakah foto-foto dan video trip bisa dipasang di TripTrus?

Tentu saja bisa. Setiap trip memiliki galeri sendiri, yang bisa di-update oleh Operator dan peserta trip. Galeri ini juga terintegrasi dengan galeri Anda dan peserta.

12.

Bisakah saya berbagi artikel tentang tujuan wisata, pengalaman trip atau informasi lainnya di TripTrus?

Ini justru sangat dianjurkan. User diperbolehkan posting artikel di website TripTrus, lengkap dengan foto atau bahkan video, untuk mempermudah kita semua berbagi informasi dan pengetahuan. Tentunya ada masa tunggu di mana tim TripTrus memeriksa apakah artikel yang Anda submit mengandung hal-hal yang tidak layak posting (moderasi konten).

ButikTrip.com

Upcoming Trips

Jelajah Sumba
25 - 29 Jan 2017
Open Trip Derawan
26 - 29 Jan 2017
Jelajah Sumba
26 - 29 Jan 2017
×

...