shop-triptrus

Jangkar Dampu Awang, Pantai Kartini

  • Image courtesy of http://sasadaramk.blogspot.com
  • Image courtesy of http://berwisata.info/
  • Image courtesy of edyraguapo.blogspot.com
   
Jangkar Dampo Awang di Taman Kartini, kawasan pantai Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, menjadi obyek wisata alternatif di kota pesisir timur Jawa Tengah itu. Jangkar dengan panjang lebih dari 4,5 meter itu menjadi saksi catatan perjalanan Laksamana Cheng Ho.
Menurut warga Rembang, Suratmin, Jangkar Dampo Awang menjadi salah satu lokasi wisata yang ramai pada akhir pekan, di samping sejumlah petilasan pejuang hak asasi perempuan RA Kartini di Rembang.
Di kalangan masyarakat, juga ahli sejarah, kisah pendaratan Laksamana Cheng Ho di Rembang masih menimbulkan kontroversi, terutama tujuan berlabuhnya kapal besar yang dimiliki laksamana kepercayaan kaisar China itu.
Dalam legenda yang berkembang di masyarakat lokal, Laksamana itu dikisahkan menantang dan bertarung dengan salah satu sunan, yakni Sunan Bonang. Namun dalam sejarah yang berkembang, hampir semua misi pelayaran armada China sepanjang sejarah pada 1400 dan seterusnya merupakan perjalanan persahabatan di semua daerah tujuan, tak terkecuali pelayaran Laksamana Cheng Ho.
Sekitar tahun 1950, Jangkar yang berada di Pantai Taman Kartini Rembang ini awalnya ditemukan teronggok dibelakang gedung LP Rembang. Awalnya diduga bagian kapal jepang sisaa Perang dunia ke II.

Sementara Jangkar Dampo awang yang kedua ini ditemukan pada akhir bulan April 2011 oleh para Nelayan dari Desa Regunung, Jangkar yang berukuran tinggi 4 m dan berat sekitar 4 ton ini ditemukan di gugusan pulau karang Masaran yang berjarak sekitar 2,5m dari bibir pantai.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.

Trips


1 upcoming trips from 1 operators


Okt/12

Escape Bali

Rp2.950.000/orang

Grade: LightSafe for everyone, including children. No formal skill necessary.
Operator: dae adventure  
×

...