shop-triptrus

Vihara Ratanavana Arama

  • Image courtesy of berita3rembang.wordpress.com
  • Image courtesy of buddhazine.com
   
Vihara Ratanavana Arama terletak di desa Sendangcoyo, kecamatan Lasem, kabupaten Rembang, Jawa tengah dan berada di daerah perbukitan dengan jumlah penduduk yang tergolong sedikit. Dipilihnya Lasem sebagai tempat di bangunnya vihara karena Lasem merupakan salah satu titik perkembangan Agama Buddha di Indonesia sejak zaman Majapahit. Vihara yang di bangun oleh Banthe Sudhammo di atas tanah seluas 6 hektar ini memiliki berbagai macam rangkaian patung sang Buddha Sidharta Gautama dari lahir hingga wafat.


Terdapat beberapa bangunan untuk sembahyang salah satunya adalah bangunan berupa joglo besar dengan tiang-tiang besar dari kayu jati . Sebagai tempat peribadahan bagi umat Budha, vihara ini juga sebagai wisata sejarah khususnya sejarah sang Buddha Sidharta Gautama. Vihara ini memiliki 5 situs tentang perjalanan hidup sang Buddha,mulai dari situs pertama hingga ke lima. Karena kontur tanah yang tidak rata,untuk menjajaki berbagai situs di vihara ini harus melewati beberapa anak tangga.

Yang menarik dari vihara ini karena terdapat patung Budha tidur yang sangat besar, karena tidak semua vihara memiliki patung tersebut. Selain bercerita tentang perjalanan hidup sang Budha, di sini juga terdapat sebuah candi Sudhammo Mahathera mirip candi Borobudhur yang merupakan tempat peristirahatan terakhir pendiri vihara ini, karena beliau semasa hidupnya ingin membangun miniatur candi Borobudur. Serta terdapat sebuah kapal beserta kolam ikan yang di dalamnya terdapat patung besar sebagai nahkoda.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Vihara Ratanavana Arama at this time

×

...