shop-triptrus

Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi

  • Image courtesy of Wikipedia
   
Masjid Agung Baiturrahman adalah sebuah masjid yang terletak di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Masjid ini menjadi pusat kegiatan Agama Islam di Kota Banyuwangi. Masjid ini mengadakan kegiatan rutin seperti pengajian hajat setiap Kamis malam.

Latar belakang berdiri dan berkembangnya Masjid Agung Baiturrahman dimulai sejak 7 Desember 1773, hal ini didasarkan pada surat wakaf dari keluarga besar Mas Alit atau Raden Tumenggung Wiraguna I, Bupati pertama Banyuwangi untuk umat Islam Banyuwangi.

Semula masjid tertua dan monumental ini bernama Masjid Jami' Banyuwangi, sebuah tempat salat yang sangat sederhana yang hanya dibatasi oleh kayu seadanya, kemudian pada tahun 1844 oleh Bupati Raden Adipati Wiryodanu Adiningrat mulai dibangun dengan bangunan gedung permanen. Masjid Jami' Banyuwangi direnovasi kembali oleh Bupati Djoko Supaat Slamet dan selesai pada tahun 1971. pada tahun itulah nama Masjid Jami' berganti menjadi Masjid Agung Baiturrahman. Pemugaran Masjid Jami' ini selesai dalam kurun waktu 2 tahun yang dimulai tanggal 28 Maret 1969 sampai tanggal 8 Maret 1971. Pada tahun 1986, Bupati S. Djoko Wasito memulai pemugaran atap masjid. Masjid Agung Baiturrahman direnovasi bentuk atapnya, yang semula berbentuk kubah dibongkar menjadi bentuk joglo. Peresmian Masjid Agung Baiturrahman dilakukan pada tanggal 7 Maret 1990 oleh Bupati Harwin Wasisto.

Berdasarkan terhadap pemikiran bahwa atap joglo memiliki beberapa kelemahan, seperti rangka penyangga yang rumit sehingga rawan ambruk dan keadaan di dalam joglo yang kotor dan terkesan tidak teratur maka Yayasan Masjid Agung Baiturrahman membangun kembali Masjid Agung Baiturahman. Peletakan batu pertama pada 9 September 2005. Dalam tahap ini telah dibangun sebuah gedung Aula Baiturrahman yang cukup megah, yang berfungsi sebagai ruang salat di waktu-waktu tertentu, pendidikan keagamaan, kegiatan administrasi takmir, dan lain-lain.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi at this time

×

...