shop-triptrus

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi, Tana Beru

  • Image courtesy of panduanwisata.com
  • Image courtesy of inisayadanhidupsaya.wordpress.com
  • Image courtesy of inisayadanhidupsaya.wordpress.com
  • Image courtesy of panduanwisata.com
   
Ada banyak tempat pembuatan perahu pinisi di Sulawesi Selatan, namun yang paling terkenal adalah Tanah Beru di Kabupaten Bulukumba, yang terletak di Kecamatan Bontobahari, 23 kilometer dari Kota Bulukumba. Di sini, anda dapat melihat kapal-kapal pinisiyang sedang dalam proses pembuatan dan pembuatan kapal dengan metode dan alat-alat tradisional.

Selain cara dan alat pembuatannya secara tradisional, pembuatan kapal pinisi di Tanah Beru juga mengikuti ritual-ritual yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Pembuatan kapal dimulai dengan ritual menentukan hari baik untuk mencari bahan baku, menebang dan mengolah batang pohon menjadi bahan baku, merakit bahan baku tersebut menjadi perahu dan kemudian meluncurkan perahu ke laut. Untuk setiap tahap dilakukan upacara adat tertentu.

Pembuatan kapal pinisi memakan waktu 3 - 6 bulan, bergantung pada kesiapan bahan dan musim. Sangat dianjurkan bagi anda yang akan mengunjungi Tanjung Bira untuk singgah sejenak ke Tanah Beru ini, terutama karena Kabupaten Bulukumba memiliki julukan "Butta Panrita Lopi" yang berarti tanah para ahli pembuat perahu pinisi.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Pusat Kerajinan Perahu Phinisi, Tana Beru at this time

×

...