shop-triptrus

Pantai Kusamba

  • Image courtesy of wisata-bali.com
  • Image courtesy of http://blog.dibali.web.id
  • Image courtesy of http://blog.dibali.web.id
   
Pantai Kusamba adalah pantai yang terletak di Desa Kusamba, kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Kurang lebih 7 km ke arah timur kota Semarapura, Klungkung. Para nelayan dan petani garam di sini masih menggunakan cara-cara lama yang diajarkan dari generasi ke generasi. Awal mula lokasi ini disebut dengan Pantai Kusamba dikarenakan pantai ini berada di sebuah Desa yang bernama Desa Kusamba untuk mempermudah mengingat tempat ini lalu dinamakan Pantai Kusamba.
Berjarak sekitar 3 km ke timur dari pantai Kusamba terdapat gua kelelawar dan Pura Bali. Kedua tempat ini juga dikenal sebagai “Pura Goa Lawah” (Bat Cave Temple). Gua ini terletak di bukit, di dalam gua ini terdapat ribuan kelelawar karena itu disebut Pura Gua Kelelawar. Pura ini sangat tua dan memiliki makna yang besar bagi masyarakat Bali.
Pura Goa Lawah Bali berjarak sekitar 49 km dari kota Denpasar, di daerah Dawan, Kabupaten Klungkung, atau berjarak sekitar 10 km sebelah timur dari Semarapura. Tidak ada yang tahu siapa dan kapan pura ini didirikan.
Pantai Kusamba ini memang sangat indah, berpasir hitam, dengan panorama sekitar yang indah serta suasana yang masih alami. Pantai ini memang terkenal dengan para nelayannya yang gigih melaut serta sebagai tempat pembuatan garam secara tradisional. Para nelayan dan petani garam disini masih berpegang teguh tradisi menggunakan cara lama yang diajarkan secara turun-temurun oleh nenek moyang mereka bagaimana menangkap ikan di laut dan membuat garam. Dengan dijadikannya Pantai Kusamba ini sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Klungkung harapkan bisa meningkatkan perekonomian di daerah tersebut. Wisatawan yang datang kesini dapat menyaksikan secara langsung para nelayan menangkap ikan di laut dan juga bisa melihat proses pembuatan garam yang terdapat di pinggir pantai.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Pantai Kusamba at this time

×

...