shop-triptrus

Museum Cakraningrat

  • Image courtesy of panoramio.com
  • Image courtesy of museumdaerah-jatim.com
  • Image courtesy of kekunaan.blogspot.com
  • Image courtesy of http://fickirhasbi.blogspot.com
   
Museum yang terletak Jl. Soekarno Hatta 39 A, Bangkalan, kode pos 69116, Jawa Timur ini merupakan museum umum. Awalnya benda-benda koleksi museum ini berpindah-pindah tempat dan berganti-ganti nama pula tempatnya. Pada tanggal 13 Maret 2008 Pemerintah Kabupaten Bangkalan sangat antusias memperhatikan peninggalan-peninggalan bersejarah yang ada di Kabupaten Bangkalan. Akhirnya terwujudlah bangunan Gedung Museum yang baru dengan nama Museum Cakraningrat Kabupaten Bangkalan. Bangunannya dibuat di atas lahan seluas 2.709 m2 dengan rincian bangunan publik seluas 792 m2 dan non publik seluas 144 m2.
Menurut catatan sejarah, pada sekitar tahun 1950-1955, terkumpulah barang-barang milik kraton. pada tahun 1975 benda-benda kraton yang ada di komplek pesarean aer mata dipindahkan pula ke dalam gedung baru sehingga gedung ini memiliki jumlah koleksi benda peninggalan yang lengkap dan pada tanggal 24 Juli museum ini mulai dibuka untuk umum.
Pada 1979 diesmikan lah museum tersebut dengan nama Museum Daerah Tingkat II Kabupaten Bangkalan. Pada tahun 2008 museum tersbeut kembali dipindahkan di jalan Soekarno Hatta No. 39 A Bangkalan. Gedung Museum ini kemudian diberi nama Museum Cakraningrat dan diresmikan pada tanggal 13 Maret 2008
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Museum Cakraningrat at this time

×

...