shop-triptrus

Gua Istana Maharani

  • Image courtesy of bobo.kidnesia.com
  • Image courtesy of jalanjalanjauh.blogspot.com
  • Image courtesy of eloratour.wordpress.com
   
Warna-Warni Gua Istana Maharani
Dinding gua yang putih berkilau membiaskan warna-warni cerah dari cahaya lampu yang menyorot. Stalagtit dan stalagmit beraneka bentuk menghias relung-relung gua. Menurut seorang ahli gua, gua ini terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu. Sampai saat ini, stalagtit dan stalagmitnya masih tumbuh, lo, sekitar 1 cm dalam 10 tahun!
Gua Istana Maharani terletak di Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur. Tanggal 6 Agustus 1992, beberapa penambang batu sedang bekerja menggali tanah. Tahu-tahu, tanah yang mereka gali ambruk. Terbukalah lubang yang menyerupai gua di bawah tanah. Penggalian dilanjutkan, maka keindahan Gua Istana Maharani pun terkuak.
Gua Istana Maharani disebut-sebut sebagai gua terbaik se-Indonesia. Keindahannya bisa disamakan dengan Gua Altamira di Spanyol, Gua Coranche di Prancis, Gua Mammoth, dan Gua Carisbad di Amerika Serikat. Stalagtit dan stalagmitnya unik, ada yang menyerupai bentuk bunga mekar, binatang, juga bentuk singgasana.
Dinamakan Gua Istana Maharani karena keindahan gua ini seperti keindahan istana. Sementara, Maharani berarti sangat indah dan cantik. Kecantikan Gua Istana Maharani memunculkan cerita-cerita misterius yang menyebar di masyarakat. Misalnya, cerita tentang seorang putri yang tinggal di dalam gua atau cerita tentang firasat penemuan gua.
Konon, sebelum gua ini ditemukan, salah satu istri penambang yang menemukannya bermimpi. Dalam mimpinya, sang istri itu melihat bunga-bunga bercahaya indah yang dijaga oleh dua ekor naga. Wah, mimpi yang misterius, ya? Yang jelas, dengan lampu warna-warni yang meneranginya, Gua Istana Maharani memang secantik bunga-bunga yang bercahaya indah.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Gua Istana Maharani at this time

×

...