shop-triptrus

Pantai Trisik

  • Image courtesy of pasirpantai.com
  • Image courtesy of pasirpantai.com
   
Pantai Trisik terletak di arah tenggara Kulon Progo tepatnya di Banaran, Galur (kira-kira 20 Km dari Wates dan 30 km dari Jogja). Pantai ini berada di Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo. Pantai yang berjarak 30 km sebelah barat kota Yogyakarta ini merupakan pantai terdekat dengan muara sungai Progo disebelah barat. Pantai ini berada i sebelah timur pantai Bugel. Di pantai ini terdapat tempat pelelangan ikan dan petilasan Sri Paduka Pakualam V.
Pantai Trisik merupakan pantai yang landai berupa hamparan pasir hitam yang halus. Kawasan Pantai Trisik dibatasi oleh muara Sungai Progo di sebelah timur, sungai yang menjadi batas alam Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul. Ke arah barat, sejauh mata memandang akan tampak bentangan pantai yang seolah tanpa batas. Pantai Trisik menjadi tempat para nelayan mendaratkan perahu.
Pada setiap tanggal 1 Syuro bulan Jawa, di pantai ini diselenggarakan labuhan sedekah laut untuk memohon keselamatan para nelayan.
Lebih kurang 1 Km ke arah barat dari lokasi TPI terdapat tempat yang dinamakan Pandan Segegek, berupa gumuk pasir yang ditumbuhi rumpun pandan. Tempat ini biasa dikunjungi pada malam 1 Syuro, setiap malam Selasa Kliwon dan malam Jum’at Kliwon.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Pantai Trisik at this time

×

...