shop-triptrus
Rating

Agu/25  –  Agu/29

Jelajah Sumba 5h4m

Air Terjun Lapopu, Lapangan Pasola, Rumah Buaya Sumba, Danau Weekuri, Pantai Mandorak, Kampung Adat Ratenggaro, Pantai Tanjung Maladong, Tanjung Mareha, Pantai Mbwana, Kampung Adat Prai Ijing, Bukit Lailara, Pantai Tarimbang, Bukit Warinding, Pantai Walakiri, Puru Kambera, Bukit Persaudaraan, Kampung Adat Prailiu

Operator: salamransel  

Rp3.500.000 / orang

Grade: Journey
Requires good stamina and physical strength. Example: Week-long backpacking.
Quota: 5 persons (Max. 10)
Trip Done
    
Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Luas wilayahnya 10.710 km², dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225 m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut, Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara. Selat Sumba terletak di utara pulau ini. Di bagian timur terletak Laut Sawu serta Samudra Hindia terletak di sebelah selatan dan barat.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini sendiri terdiri dari empat kabupaten: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur. Kota tersebut juga terdapat bandar udara dan pelabuhan laut yang menghubungkan Pulau Sumba dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia seperti Pulau Sumbawa, Pulau Flores, dan Pulau Timor.

Sebelum dikunjungi bangsa Eropa pada 1522, Sumba tidak pernah dikuasai oleh bangsa manapun. Sejak 1866, pulau ini dikuasai oleh Hindia-Belanda dan selanjutnya menjadi bagian dari Indonesia.

Masyarakat Sumba secara rasial merupakan campuran dari ras Mongoloid dan Melanesoid. Sebagian besar penduduknya menganut kepercayaan animisme Marapu dan agama Kristen, baik Protestan maupun Katolik. Kaum muslim dalam jumlah kecil dapat ditemukan di sepanjang kawasan pesisir.

#1Traveler1Book
Mari Berbagi Buku Cerdaskan Bangsa dengan membawa minimal 1 (satu) buah buku, kemudian bagikan kepada anak-anak usia sekolah (5-15 tahun) di destinasi trip ini. Foto anak-anak itu dengan bukunya, lalu share foto tersebut ke Twitter, Facebook dan akun media sosial lainnnya yang kamu miliki dengan hashtag #1Traveler1Book.

Price Basic:
Rp3.500.000 / orang

Installments:
  • Down Payment : Rp1.000.000
  • Installment 2 : Rp2.500.000


Price Include:
- Asuransi Perjalanan JASINDO
- Mobil Full AC selama trip
- Hotel 4 malam selama trip
- Makan dan Air Mineral selama trip
- Tiket masuk / perijinan wisata
- Dokumentasi Foto

Price Exclude:
- Tiket Pesawat menuju meeting point dan sebaliknya
- Pengeluaran Pribadi

Activities:
  • Backpacking
  • Culinary
  • Cultural trip
  • Family Vacation
  • Historical Places
  • Photography


Meeting Point:
Bandara Tambolaka, 12:00

DAY 1
Bandara Tambolaka, Peserta akan dijemput di Bandara Tambolaka kemudian dilanjutkan makan siang dulu sebelum memulai acara.
Air Terjun Lapopu, Pada hari pertama kita akan jelajah Sumba Barat dengan mengunnungi tujuan pertama ke Air Terjun Lapopu. Air Terjun Lapopu berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Selain dijadikan objek wisaa, aliran air terjun ini digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro masyarakat setempat.
Air terjun ini merupakan jenis air terjun bertingkat (berundak-undak) yang jatuh dari tebing yang miring dengan total ketinggian sekitar 90 m. Di bawahnya terdapat kolam penampungan yang airnya jernih berwarna tosca dan dapat digunakan untuk mandi dan berenang.
Lapangan Pasola di Lamboya. Sepuasnya kita di Air Terjun Lapopu, kita akan melanjutkan perjalanan ke Lamboya tepatnya di Lapangan Pasola. Di Lapangan ini, setiap tahunnya dilakukan Acara Adat oleh suku asli Sumba, Marapu. Kita akan menikmati senja dan mendapatkan moment foto terbaik disini.
Setelah sunset, kita akan kembali ke Hotel dilanjutkan makan malam dan malam keakraban satu dengan yang lainnya.

DAY 2
Bangun Pagi, Sarapan.
Jam 07:00 kita akan mulai perjalanan dengan Jelajah ke Sumba Barat Daya.
Rumah Budaya. Sekitar kurang lebih 60 menit dari Sumba Barat, kita akan singgah ke Rumah Budaya Sumba. Disini kita bisa mendapatkan sedikit cerita berharga mengenai Pulau Sumba yang tidak orang lain dapatkan langsung dari pengelola Rumah Budaya Sumba.
Danau Weekuri. Selanjutnya kita akan berenang di Danau Weekuri. Danau air asin yang mempunyai air sangat jernih bersih dan berwarna Tosca. Namun kita juga akan melihat pasang surut air laut untuk berkunjung kesini agar kita mendapatkan moment terbaik. Jika air laut pasang, air yang ada di danau ini juga akan ikut naik begitu juga sebaliknya.
Pantai Mandorak. Terletak tidak jauh dari Danau Weekuri. Pantai Mandorak juga menawarkan keindahan yang ada di Sumba. Mempunyai pantai yang kecil dan diapit oleh bebatuan karst. Kita disini bisa bermain pantai, berfoto atau hanya sekedar menikmati lautan lepas.
Kampung Adat Ratenggaro. Selanjutnya kita akan mengunjungi Kampung Adat Ratenggaro. Salahsatu kampung di Sumba yang masih mempertahankan adat dan warisan leluhurnya. Bangunan Rumah yang menjulang tinggi dan beberapa Kubur Batu yang berukuran sangat besar akan kita dapati di Kampung ini. Selain sejarah, kampung ini mempunyai pemandangan lain dari kampung adat lainnya. Karena, Ratenggaro tepat menghapad ke lautan lepas dan lengkap dihiasi dengan pasir putih yang cukup luas.
Pantai Tanjung Watu Maladong. Panti ini mempunya lima gugusan batu kars di laut. Apabila kita kesini sewaktu air laut saat surut, kita bisa berfoto tepat di sekitaran batu karst tersebut.
Tanjung Mareha. Tidak jauh dari lokasi sebelumnya, Tanjung Mareha tepat berada di tengah antara Pantai Bwana dan Watu Maladong. Dari sini kita bisa melihat dari atas bukit Pantai Bwana dengan ciri khas batu bolong nya.
Pantai Bwana. Waktu yang sangat tepat kesini saat air laut surut. Karena kita bisa berfoto tepat di batu bolong yang berbentuk seperti gawang ini. Moment menikmati matahari terbenam disini juga pilihan yang tepat.
Setelah selesai mengunjungi rangkaian perjalanan, kita akan kembali ke Sumba Barat. Dalam perjalanan kita akan makan malam di Sumba Barat Daya.

DAY 3
Bangun Pagi, Sarapan.
Jam 07:00 kita akan mulai perjalanan dengan Jelajah ke Sumba Barat dan Sumba Timur.
Kampung Adat Prai Ijing. Sebelum beranjak dari Sumba Barat, kita akan singgah ke Kampung adat Prai Ijing. Kampung adat di Sumba Barat khususnya, masih sangat terjaga dari bentuk Rumah sampai budaya sekalipun.
Bukit Lailara, Sumba Timur. Jika Sumba Barat Daya dan Barat menawarkan berbagai Kampung Adat dan Pantai nya, Sumba Timur mempunyai bebukitan yang sangat memanjakan mata kita. Sebelum menjelajah lebih dalam ke Timur, kita akan mengunjungi Bukit Lailara.
Pantai Tarimbang. Pantai terbaik di Sumba Timur dan mungkin tebaik di Pulau Sumba. Hamparan Pasir putih yang sangat luas dan pantai yang begitu bersih ditambah suasana yang masih sepi membuat liburan kita semakin sempurna. Kita bisa berlama-lama di pantai sampai matahari tenggelam pula.
Setelah puas bermain pantai, kita akan makan malam di Resort.

DAY 4
Bangun Pagi, Sarapan.
Jam 07:00 kita akan mulai perjalanan dengan Jelajah ke Sumba Timur.
Bukit Wairinding. Sebelum masuk ke kota Waingapu di Sumba Timur, kita akan berhenti di spot yang sangat populer dulu. Bukit Wairinding yang menjadi ikon salah satu film ternama di Indonesia. Hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk mencapai puncak bukit ini, meskipun tak terlalu tinggi, Bukit Wairinding mempunya panorama yang sangat indah. Hamparan bebukitan yang berbaris dengan megahnya. Setelah puas menikmati pemandangan disini, kita akan lanjut Check in Hotel di Kota Waingapu, Sumba Timur.
Pantai Walakiri. Pantai yang berhias tumbuhan bakau. Ketika air laut surut, kita bisa berfoto di antara tumbuhan bakau yang cukup unik ini.
Puru Kambera. Disini salah satu spot sunset terbaik di Sumba Timur. Pemandangan hamparan savana dan sesekali kuda dan sapi yan ada di dalamnya membuat moment penutup Jelajah di Sumba semakin sempurna.
Sebelum kita kembali ke Hotel, kita akan makan malam terlebih dahulu.

DAY 5
Bangun Pagi, Sarapan.
Bukit Persaudaraan. Pagi-pagi dengan mobil kita akan berkunjung ke Bukit Persaudaraan. Pemandangan dari atas bukit adalah sawah yang tertata rapi dan pastinya pemandangan bebukitan kha Sumba Timur.
Sebelum menuju Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur, kita akan singgah ke Kampung Adat Prailiu. Disini kita bisa belanja kain tenun khas sumba, juga explore kampung yang ada di dekat Kota Waingapu ini.
Kemudian peserta akan diantar menuju Bandara dan trip selesai.

salamransel


About Me

-

 
 

Operator Contact Details

Only TripTrus member can see operator contact details (Phone, E-mail, etc.).
Please Sign In or Register, it's FREE!
Terms and Conditions:
1. Tour dapat batal atau berubah jadwal sewaktu-waktu apabila terjadi cuaca buruk dan kejadian-kejadian tertentu.
2. Peserta tidak mempunyai riwayat kesehatan yang membahayakan diri sendiri atau peserta lain.
3. Uang muka pendaftaran tour (Down Payment) terlebih dahulu Rp 1.000.000, dan konfirmasi secepatnya.
4. Pembayaran DP minimal sebulan sebelum tanggal keberangkatan.
5. Pelunasan biaya tour paling lambat 14 Hari sebelum tanggal keberangkatan.
6. Pengunduran diri / pembatalan dari acara tour, maksimal 7 hari setelah tanggal pembayaran uang muka pendaftaran (DP), kami akan mengembalikan uang Deposit anda secara penuh (100% refundable).
7. Pendaftaran yang dilakukan kurang dari 7 hari sebelum tanggal keberangkatan harus dibayar lunas.
8. Tanggal menyesuaikan kesepakatan peserta.

Terms and Regulations:
1. Pendaftaran bisa dilakukan oleh calon peserta yang sudah membaca peraturan dari SALAMRANSEL.
2. Tour dapat batal atau berubah jadwal sewaktu-waktu apabila terjadi cuaca buruk dan kejadian-kejadian tertentu (Force Majeure).
3. Peserta tidak mempunyai riwayat kesehatan yang membahayakan diri sendiri atau peserta lain.
4. Tour akan diberangkatkan apabila mencapai minimal kuota atau tour akan tetap diberangkatkan apabila kurang dari minimal kuota dengan catatan ada penyesuaian harga tour sesuai persetujuan semua peserta.
5. Apabila sampai 30 hari sebelum tanggal tour belum tercapai minimal kuota, uang muka akan dikembalikan sepenuhnya. (peserta akan dihubungi dari SALAMRANSEL untuk ketentuan selanjutnya)
6. Peserta akan dibuatkan Group Chat di Social Networking (WhatsApp, Line, BBM) agar bisa saling berinteraksi dengan peserta lainnya.
7. Calon peserta harus membayar uang muka pendaftaran tour (Down Payment) terlebih dahulu Rp. 500.000, dan konfirmasi secepatnya.
8. Pelunasan biaya tour paling lambat 14 hari sebelum tanggal keberangkatan.
9. Pengunduran diri / pembatalan dari acara tour, maksimal 7 hari setelah tanggal pembayaran uang muka pendaftaran (DP), kami akan mengembalikan uang Deposit anda secara penuh (100% refundable).
10. Pendaftaran yang dilakukan kurang dari 7 hari sebelum tanggal keberangkatan harus dibayar lunas.
11. Peserta berhak memberikan data diri yang sebenarnya untuk keperluan asuransi.
12. Tanggal menyesuaikan kesepakatan peserta.


Necessary Equipments:
1. Tas Backpack
2. Sepatu / Sandal Tracking
3. Obat-obatan pribadi
4. Makanan kecil, Snack
5. Flashdisk buat copy file foto
6. Buku (bila berkenan untuk donasi)

Info:
 -

Other Trip from salamransel


Mar/30

Trip Komodo By Privat Boat Ac Trip Komodo By Privat Boat Ac
Rp2.650.000/orang
Grade : Journey Requires good stamina and physical strength. Example: Week-long backpacking.

Mar/23

Trip Komodo By Privat Boat Ac Trip Komodo By Privat Boat Ac
Rp2.650.000/orang
Grade : Journey Requires good stamina and physical strength. Example: Week-long backpacking.

Mar/16

Trip Komodo By Privat Boat Ac Trip Komodo By Privat Boat Ac
Rp2.650.000/orang
Grade : Journey Requires good stamina and physical strength. Example: Week-long backpacking.

Comment

Discussion »

No topic yet
ButikTrip.com

Recently Joined



Related Event

No event related to this trip

Upcoming Trips

Pendakian Gunung Semeru
19 - 22 Oct 2017
Open Trip Derawan
19 - 22 Oct 2017
Sailing Komodo Liveaboard
20 - 22 Oct 2017
Wonderful Dieng Plateau
20 - 22 Oct 2017
×

...