indietravelmart 2018

Kuil Shri Mariamman

  • Image courtesy of wisatasumatera.wordpress.com
  • Image courtesy of tripadvisor.co.id
  • Image courtesy of medan.panduanwisata.com
  • Image courtesy of skyscrapercity.com
  • Image courtesy of wisatasumatera.wordpress.com
   
Kuil Shri Mariaman merupakan kuil Hindu tertua di Kota Medan, Sumatera Utara. Kuil ini terletak di kawasan yang dikenal sebagai Kampung Keling. Kuil yang mengistanakan lima dewa, masing-masing Dewa Siwa, Wisnu, Ganesha, Dewi Durga (Kali), dan Dewi Aman itu dikelola salah seorang keluarga pemilik perusahaan besar Texmaco, Lila Marimutu Pintu gerbangnya dihiasi sebuah gopuram, yaitu menara bertingkat yang biasanya dapat ditemukan di pintu gerbang kuil-kuil Hindu dari India Selatan atau semacam gapura.
Sebuah kuil Hindu yang dipersembahkan untuk memuja dewi Mariamman. Kuil ini merupakan kuil Hindu pertama yang dibangun oleh masyarakat keturunan India (khususnya etnis Tamil) yang saya pernah kunjungi di negeri ini.
Kuil Shri Mariamman adalah sebuah kuil yang pertama kali dibangun pada tahun 1888 oleh Rengga Sani Naiger, pada tahun yang sama dimulainya pembangunan Istana Maimun dari Kesultanan Deli, dan telah direnovasi sebanyak dua kali setelah itu. Kuil ini, yang merupakan kuil Hindu tertua di kota Medan, lokasinya berada di Jl. Teuku Umar No.18 dengan pintu gerbang menghadap ke timur, dan dinding sebelah kanannya berada di Jl. Zainul Arifin.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Kuil Shri Mariamman at this time

×

...