shop-triptrus

gunung lawu

  • Image courtesy of www.sobatpetualang.com
  • Image courtesy of http://fotowisata.com
  • Image courtesy of fotowisata.com
  • Image courtesy of http://setapakkecil.blogspot.com
  • Image courtesy of
   
Gunung Lawu adalah sebuah gunung yang sedang "beristirahat" dengan status sedang tidak aktif, dan sudah berlangsung lama. Gunung Lawu yang mempunyai ketinggian 3256 mdpl berada di wilayah perbatasan antara Jawa Timur (Magetan) dan Jawa Tengah (Karanganyar). Bagi masyarakat Jawa, Gunung Lawu adalah tempat yang paling dikramatkan. Banyak petilasan dan makam makam peninggalan kerajaan Majapahit, bahkan sampai sekarang Gunung Lawu merupakan tempat yang tak terpisahkan secara spiritual bagi Keratonan Solo.
Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah, dimana ini adalah puncak tertinggi dari 2 puncak sebelumnya. Dari lereng gunung Lawu, bisa didapati obyek wisata yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan seperti, Tawangmangu, Cemorosewu dan Sarangan. Selain pegunungan, di sekitar lereng gunung juga terdapat situs candi peninggalan Majapahit seperti, Candi Sukuh dan Candi Cetho. Sedangkan di kaki gunung, terdapat komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunegaran, yaitu Astana Girilayu dan Astana Mangadeg, dimana juga dekat dengan Astana Giribangun oleh keluarga mantan presiden Soeharto.
Bayak yang belum tahu bila sebelum bernama Gunung Lawu, gunung yang termasuk dalam Seven Summits of Java (Tujuh Puncak Pulau Jawa) ini dahulu bernama Wukir Mahendra. Tak hanya itu, Gunung tertua di Pulau Jawa itu termasuk kedalam pegunungan purba. Tak heran bila banyak pihak ingin sekali naik ke puncak Gunung Lawu
View Larger Map  
Rating

Reviews

Nadilla Travel
Jadi kepengen nanjak lagi  
by Nadilla Travel - Des 04, 2019 at 15:44

salah satu gunung yang belum kesampean sampai dengan saat ini, semoga tahun depan bisa terlaksana. Info ini menjadi penyemangan untuk mempersiapkan segala sesuatunya..



Info

No upcoming trip to gunung lawu at this time

×

...