shop-triptrus

Istana Pagaruyung, Batusangkar

  • Image courtesy of http://static.panoramio.com
  • Image courtesy of http://serbasejarah.files.wordpress.com
  • Image courtesy of http://4.bp.blogspot.com
  • Image courtesy of http://landmark.indonesia.is/auto_/intranett1/Product/1874/istana_pagaruyung2.jpg
   
Istano Basa lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, merupakan tempat wisata yang terkenal di Sumatera Barat. Istana ini adalah salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat. Lokasi istana ini adalah di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, kira-kira 100 km ke pedalaman dari kota Padang, dekat danau Singkarak.

Istana ini dulunya adalah kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan pada abad ke-14. Istana Pagaruyung pernah terbakar pada tahun 1804 dan tahun 1966. Jadi, istana yang sekarang adalah replika dari yang asli. Istana yang asli terletak di atas bukit Batu Patah. Setelah terbakar, istana ini direkonstruksi pada tahun 1974. Di dalam istana ini terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang kondisinya masih baik.

Istana Pagaruyung bertingkat tiga dengan tinggi 60 meter dan atap yang terbuat dari ijuk. Dindingnya penuh dengan ukiran khas Minangkabau yang sangat memukau. Asal nama Pagaruyung adalah nama sebuah kerajaan di Minangkabau yang pernah berkuasa.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Istana Pagaruyung, Batusangkar at this time

×

...