indietravelmart 2018

Kolam Air Soda

  • Image courtesy of travel.detik.com
  • Image courtesy of kisahkayyea.blogspot.com
  • Image courtesy of anthonynh.blogspot.com
   
Kolam Air Soda merupakan kolam unik satu-satunya di Indonesia, bahkan hanya ditemukan dua di Dunia, satu lagi berada di Venezuela.
Penduduk setempat lebih mengenalnya dengan sebutan aek narara, karena menurut kepercayaan yang berkembang, dahulu pada masa penjajahan Jepang di tempat ini pernah ditemukan seekor ular yang tidak mau pergi meskipun diusir. Sebelumnya tentara Jepang pernah dinasehati agar tidak menggunakan air tersebut untuk mandi, namun peringatan tersebut tidak digubris sama sekali. Karena kemunculan ular yang mengganggu tersebut, tentara Jepang mengebom kolam hingga ular mati dan kolam berwarna merah darah. Aek Narara dalam bahasa batak bila diterjemahkan secara harfiah berarti air yang merah.
Dinamakan kolam soda karena memang Kolam yang berada di Desa Parbubu, Sumatra ini memang mengeluarkan gelembung-gelembung kecil layaknya Soda dan di sinilah letak keunikkan dari Kolam Soda ini. Anehnya lagi, Kolam ini ditemukan secara tidak sengaja oleh salah satu masyarakat sekitar, dan ketika pertama kali ditemukan, warga mengira kolam ini adalah kolam yang panas dan berbahaya. Namun setelah di rendami, ternyata air tersebut sangatlah sejuk dan bening.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Kolam Air Soda at this time

×

...