indietravelmart 2018

Sentra Pengrajin Rencong

  • Image courtesy of tribunnews.com
  • Image courtesy of pressphoto.co
  • Image courtesy of okefood.com
   
Rencong merupakan senjata tradisional masyarakat Aceh. Bahan baku utama pembuatan rencong adalah besi putih, kuningan, dan tanduk kerbau (tanduk berwarna putih dan hitam).
Pada masa penjajahan Belanda, rencong digunakan di medan perang, tidak hanya oleh kaum pria, namun juga kaum wanita. Dalam perjuangan melawan Belanda, sejarah mencatat nama-nama besar pahlawan srikandi Aceh, seperti Laksamana Malahayati (laksamana wanita pertama di dunia), Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, Pocut Meurah Intan, Pocut Baren, dan Teungku Fakinah.
Saat ini, rencong telah beralih fungsi sebagai salah satu cenderamata khas Aceh. Rasanya tidak sempurna apabila pelancong dari luar Aceh ketika berkunjung ke Aceh tidak membeli rencong sebagai hadiah atau kenang-kenangan.
Salah satu keistimewaan rencong ada pada proses pembuatannya. Pembuatan rencong dengan bahan baku besi putih akan memerlukan waktu lebih lama dan lebih sulit dibandingkan dengan yang berbahan kuningan. Dari sekian banyak rencong yang ada, dapat dibagi ke dalam empat jenis rencong, yaitu rencong pudoi, rencong meukure, rencong meupucok, dan rencong meucugek.
Desa Baet Masjid, Desa Baet Meuseugoe, dan Desa Baet Lampu ot merupakan tiga sentra pengrajin rencong di Aceh Besar. Ketiga desa ini berada di Kecamatan Sibreh, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.
Harga sebilah rencong bervariasi, tergantung dari kualitas besi, gagang, dan ukurannya. Rencong yang berukuran sedang (panjangnya 10-12 cm) dan terbuat dari kuningan, biasanya dihargai sebesar Rp 20.000,00 hingga Rp 75.000,00 (April 2008), sedangkan rencong yang berukuran lebih besar (panjangnya lebih dari 12 cm) biasanya dihargai sebesar Rp 75.000,00 hingga Rp 80.000,00 (April 2008). Harga sebilah rencong dapat mencapai ratusan ribu rupiah bilamana besi putih sebagai bahan utamanya.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Sentra Pengrajin Rencong at this time

×

...