shop-triptrus

Banda Neira

  • Image courtesy of http://www.ismawanismail.com
  • Image courtesy of http://2.bp.blogspot.com
  • Image courtesy of http://www.auroraliveaboard.com
   
Banda Neira atau Banda Naira adalah salah satu pulau di Kepulauan Banda, dan merupakan pusat administratif Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Secara administratif, Banda Neira terbagi dalam 6 desa, yakni Dwiwarna, Kampung Baru, Merdeka, Nusantara, Rajawali, dan Tanah Rata.

Topografi pulau ini cenderung datar, sehingga memungkinkan didirikannya kota kecil. Pulau Banda Neira memiliki kantor pemerintahan, toko, dermaga, dan bandara. Penduduk pulau ini berjumlah 14.000.

Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli dunia, karena Kep. Banda adalah satu-satunya sumber rempah-rempah yang bernilai tinggi itu hingga pertengahan abad ke-19. Kota modernnya didirikan oleh anggota VOC, yang membantai penduduk Banda untuk mendapatkan palanya pada tahun 1621 dan membawa yang tersisa ke Batavia (kini Jakarta) untuk dijadikan budak.

Di sini Anda dapat menikmati wisata air terutama diving karena memiliki air laut yang sangat jernih dan ekosistem yang terjaga sehingga beragam jenis ikan dan terumbu karang dapat ditemui disana. Selain wisata airnya, Banda Neira juga terkenal dengan wisata sejarahnya, yaitu sejarah sewaktu jaman penjajahan. Karena Banda Neira merupakan salah satu pusat perdagangan tempo dulu. Sehingga disini dapat dengan mudah ditemui peninggalan jaman penjajahan seperti bangunan dan benteng.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.

Trips


1 upcoming trips from 1 operators


Des/28

Banda Neira Island

Rp3.999.000/orang

Grade: MediumMay not be suitable for children or teenagers under 17 years old. No formal skill necessary but requires good physical condition.
Operator: idea trip indonesia  
×

...