shop-triptrus

Taman Nasional Gunung Leuser

  • Image courtesy of http://tempat-wisata.org
  • Image courtesy of http://1.bp.blogspot.com
  • Image courtesy of http://m.bisnisaceh.com
  • Image courtesy of http://media-cdn.tripadvisor.com
  • Image courtesy of http://www.indonesia.travel
   
Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu cagar alam di Indonesia, memiliki luas 1.094.692 hektar. Taman Nasional ini mengambil nama dari nama salah satu gunung di Aceh yaitu Gunung Leuser. Gunung Leuser memiliki ketinggian 3.404 diatas permukaan laut.

Ekosistem di taman nasional ini adalah pantai sampai pegunungan tinggi berupa hutan lebat khas hujan tropis yang dikelola dengan sistem zonasi. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki 3 fungsi, di antaranya adalah perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya, pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Taman nasional ini memiliki topografi yang curam dengan struktur dan tekstur tanah yang rentan longsor. Pernah terjadi banjir bandang di kawasan ini yang menyebabkan hancurnya wisata alam Bukit Lawang beberapa tahun yang lalu. Dari kejadian itu, dibentuklah Kawasan Ekosistem Leuser yang berfungsi sebagai penyangga sehingga mengurangi ancaman longsor..

Di Taman Nasional Gunung Leuser terdapat 130 jenis mamalia dan kira-kira ada 89 spesies langka dan dilindungi, seperti: orang utan Sumatera, badak Sumatera, harimau Sumatera, gajah Sumatera, beruang madu, rangkong papan, ajag, siamang. Lalu kira-kira ada 325 jenis burung di taman ini.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.

Nearest Destination



Info

No upcoming trip to Taman Nasional Gunung Leuser at this time

×

...