shop-triptrus

Desa Wisata Adat Sasak Ende

  • Image courtesy of https://www.instagram.com
  • Image courtesy of https://www.instagram.com
  • Image courtesy of https://www.instagram.com
   

TripTrus.Com Bro, masuk Desa Wisata Sasak Ende, liat plang lokasi, pemandu bawa ke rumah adat Sasak Ende, atapnya keren banget, meruncing dari anyaman alang-alang biar hujan langsung turun. Dindingnya dari anyaman kayu, no jendela. Lantainya mix kotoran sapi, dicampur tiap dua minggu. Pondasinya batu dilumuri tanah liat, lapisan atasnya campuran kotoran sapi. Gak nyangka, udah kering, no bau!



  • Rumah Adat Ngehits!


Rumah adat warga Sasak Ende gokil banget, tingginya sekitar 3-4 meter. Atapnya meruncing, bikin dari anyaman alang-alang. Warga sengaja bikin atap kaya gini biar ujan langsung turun, gak nyemplung ke anyaman alang-alang. Dindingnya dari anyaman kayu, dan uniknya, zero jendela. Lantainya campuran dari kotoran sapi, loh. Prosesnya kaya gini, warga bakal nge-lapisin lantainya pake campuran kotoran sapi yang dicampur air tiap dua minggu. Kalo diintip, dasarnya rumah adat Sasak tuh dari batu yang diolesin pake tanah liat.



  • Tarian Peresean, Adu Gaya Antarkoboi


Eh, masih ada lagi nih tradisi asik di sana, namanya peresean. Ini tuh tarian kece yang melibatkan duel seru antara dua cowok. Mereka bawa senjata, kayak tongkat rotan dan tameng kotak, atau mereka sebut ende. Aturannya simpel, yang bisa nge-bantai lawan dia yang menang. Tapi inget, dilarang keras serang bagian bawah perut. Ada wasitnya juga. Kita saksikan deh dua pemuda beraksi, tarungannya sengit, mengincar lengan dan pundak satu sama lain. Tameng jadi alat utama buat elak serangan. Ada aksi lompat-lompat juga buat serang lawan. Setelah tiga ronde, wasit umumin siapa yang menang. Seru banget!



  • Kopi Gaul, Campur Beras!


Di Desa Wisata Sasak Ende, para warga bikin kopi nge-blend sama beras, loh! Ada satu tempat spesial buat nge-mix kopi yang udah disangrai dengan beras di desa itu. Para emak-emak di desa bakal nge-sortir biji kopi dulu di suatu wadah. Terus, mereka bakar biji kopi itu pake wajan yang dipanasin duluan di atas kompor kayu. Nah, setelah keluarin aroma khasnya, kopi ini dipindah ke tempat buat ditumbuk. Di tempat itu, kopi yang udah disangrai dicampur sama beras, lalu ditumbuk sampe halus. Katanya, kopi-beras campuran ini bisa jauhin yang minum dari maag, loh! Nge-blend kopi dengan beras, keren gak menurutmu?



  • Kawasan Budaya Suku Sasak yang Kekinian


Desa Wisata Sasak Ende tuh kawasan wisata ala budaya suku Sasak di Lombok. Ini tempatnya kece banget karena budaya orang Sasak masih orisinil. Ada bangunan tradisional yang masih berdiri kuat, bikin wisatawan betah lama-lama. Masyarakat Sasak punya adat istiadat yang kental, dan jangan ketinggalan, ada seni musik dan tarian tradisional yang siap bikin betah para wisatawan. Lokasinya juga gak jauh-jauh amat dari Bandara Internasional Lombok dan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, jadi gampang banget buat para wisatawan mampir ke Sasak Ende.


 

View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Desa Wisata Adat Sasak Ende at this time

×

...