shop-triptrus

Masjid Agung Pondok Tinggi

  • Image courtesy of Wikipedia
  • Image courtesy of Wikipedia
  • Image courtesy of Wikipedia
   
Masjid Agung Pondok Tinggi adalah salah satu masjid tertua di wilayah Kerinci, tepatnya di Kota Sungai Penuh. Masjid yang terletak di Kelurahan Pondok Tinggi ini dibangun secara bergotong royong pada tahun 1874. Merupakan kebanggaan masyarakat setempat, masjid ini diterakan dalam lambang Kota Sungai Penuh.

Semula masjid ini disebut Masjid Pondok Tinggi. Pembangunannya dimulai pada tgl. 1 Juni 1874, dan dibangun secara berangsur-angsur dan bergotong-royong hingga selesai sepenuhnya pada awal abad-20. Nama Masjid Agung Pondok Tinggi disematkan oleh Wakil Presiden RI yang pertama, Drs. H. Mohammad Hatta, ketika ia mengunjungi masjid ini pada tahun 1953.

Masjid ini unik karena dibangun dari kayu seluruhnya. Bentuk atapnya khas masjid-masjid kuno di Nusantara yakni serupa meru bersusun, dalam hal ini berbentuk atap tumpang limas bersusun tiga yang semakin ke atas semakin runcing. Atap ini melambangkan susunan pemerintahan dusun Pondok Tinggi, yang diibaratkan, dalam bahasa Kerinci, bapucouk satau, barampek jure, batingkat tigea. Berpucuk satu, yakni satu kepala adat yaitu Depati Payung nan Sakaki, satu kepala syarak dan berlambang Allah SWT. Berempat jurai, empat sudut, yakni empat luhah (lurah) dan empat Rio (ninik mamak). Bertingkat tiga menggambarkan sko nan tiga takah: sko taganai, sko ninik mamak, sko depati.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Masjid Agung Pondok Tinggi at this time

×

...