shop-triptrus

Masjid Raya Andalas

  • Image courtesy of Wikipedia
  • Image courtesy of Wikipedia
   
Masjid Raya Andalas (atau Andaleh dalam bahasa Minang) adalah sebuah masjid yang terletak di Jalan Andaleh Nomor 56, Kelurahan Andaleh, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Masjid berlantai dua ini berdiri di atas tanah seluas 1.200 meter persegi dengan warna hijau yang mendominasi dilengkapi satu menara di tenggara dan satu pintu gerbang di selatan.

Masjid ini merupakan salah satu dari 608 unit tempat ibadah di Sumatera Barat yang rusak berat akibat gempa bumi berkekuatan 7,9 SR pada tahun 2009. Mengingat kondisi bangunan yang mengkhawatirkan, masjid ini kemudian dibongkar. Dengan demikian, aktivitas ibadah di masjid ini sempat terganggu selama sementara waktu, bahkan kegiatan Pesantren Ramadhan yang setiap tahunnya digelar terpaksa ditiadakan pada tahun 2010 dan 2011.

Pembangunan kembali masjid ini dilakukan tak lama kemudian, yang biayanya diperoleh dari bantuan masyarakat yang dikirimkan melalui Yayasan Satu Untuk Negeri tvOne. Pembangunan kembali tersebut dimulai dengan peletakan batu pertama pada 29 April 2010, dan dapat diselesaikan dengan biaya sebesar Rp3,25 miliar pada tahun 2012 dengan diresmikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring pada 9 Maret 2012.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Masjid Raya Andalas at this time

×

...