shop-triptrus

Goa Kacamata

  • Image courtesy of https://ksmtour.com
  • Image courtesy of http://www.jalanjalankita.com
   
Objek wisata Goa Kacamata atau Lobang Kacamata sebenarnya merupakan lokasi penambangan emas peninggalan Belanda, yang terletak di Desa Lebong Tambang, Kecamatan Lebong Utara yang berjarak kurang lebih 2 Km dari pusat kota Provinsi Bengkulu. Lobang raksasa ini merupakan sisa-sisa aktifitas penambangan emas yang dilakukan oleh kolonial Belanda di masa lalu, karena emasnya sudah habis maka kini dijadikan obyek wisata alam.

Akibat aktivitas tambang dahulu, hingga akhirnya meninggalkan lobang seperti goa yang berbentuk seperti lingkaran yang tidak beraturan di dinding tebing. Goa buatan ini terbentuk ketika di awal tahun 1900-an dilakukan eksploitasi pertambangan di Lebong. Saat ini oleh masyarakat setempat dijadikan tempat penambangan tradisional. Aktivitas penambangan emas tradisional ini merupakan daya tarik sendiri bagi wisatawan yang ingin melihat dari dekat cara penambangan emas tersebut.

Dan karena bentuk lobang yang unik menyerupai kacamata, maka masyarakat sekitar memberi nama Lobang Kacamata. Obyek wisata Lobang Kacamata merupakan bukti sejarah penjajahan kolonial Belanda di Indonesia, khususnya di Kabupaten Lebong. Goa ini terletak di dalam bukit atau di dinding bukit berbatu yang merupakan salah satu pintu masuk ke dalam lokasi penambangan dengan ukuran lebar kurang lebih 2 meter dengan ketinggian kurang lebih 4 meter dari dasar tanah.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Goa Kacamata at this time

×

...