shop-triptrus

Kantor Pos Cianjur

  • Image courtesy of pesonaalamcianjur.blogspot.co.id
  • Image courtesy of panoramio.com
   
Kantor Pos Cianjur terletak di Jalan Siti Jenab, merupakan kantor pos paling bersejarah di Cianjur. Semasa pemerintahan Priangan, Kantor Pos Cianjur yang awalnya bernama Post en Telegraafkantoor te Tjiiandjoer (Kantor Pos dan Telegraf Cianjur) ini menjadi kantor utama pelayanan pos dan lelegram di daerah Priangan.

Lokasi Kantor Pos Cianjur berada di pusat kota, tepat bersebelahan dengan kompleks pendopo Kabupaten Cianjur, dan bersebrangan dengan Mesjid Agung Cianjur. Pada masa pemerintahan Daendels, jalur ini (Jalan Siti Jenab sekarang) merupakan rute utama Jalur Pos Besar Anyer-Panarukan.

Bangunan yang bergaya khas masa kolonial Belanda ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Hingga kini, bangunan peninggalan bersejarah ini tetap digunakan sebagai kantor pos pusat di Kabupaten Cianjur.

Secara keseluruhan, area Kantor Pos Cianjur merupakan sebuah kompleks dengan beberapa bangunan di sektiarnya. Bangunan utama kantor berada di tengah-tengah kompleks, dan merupakan bangunan terbesar. Warna bangunan yang mencolok dengan menggunakan warna oranye dan putih, menjadikan Kantor Pos Cianjur mendapatkan perhatian khusus bila kita melewati jalan Siti Jenab.

Kantor Pos Cianjur dapat dikunjungi saat jam kerja maupun berupa kunjungan khusus. Selain mendapatkan pengalam mengunjungi tempat bersejarah dari jaman Priangan ini, kita sekaligus dapat melihat berbagai koleksi perangko dan benda-benda pos lainnya. (Sumber: cianjur-heritage.blogspot.co.id)
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Kantor Pos Cianjur at this time

×

...