shop-triptrus

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama

  • Image courtesy of http://ceritariyanti.files.wordpress.com
  • Image courtesy of http://4.bp.blogspot.com
  • Image courtesy of http://2.bp.blogspot.com
  • Image courtesy of http://mixedupalready.files.wordpress.com
   
Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama mempunyai luas tanah kurang lebih 10.000 m2 dan bangunan kurang lebih 778 m2. Dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Jawa Barat seperti yang terlihat pada bentuk atapnya. Museum yang terletak antara Keraton Surosowan dan Masjid Agung Banten Lama ini menyimpan banyak benda-benda purbakala. Dilihat dari bentuk bangunannya Museum Situs Kepurbakalaan lebih mirip seperti sebuah rumah yang kemudian dialihfungsikan menjadi museum.

Dari sekian banyak benda-benda purbakala yang menjadi koleksinya, benda-benda tersebut dibagi menjadi 5 kelompok besar, yaitu : Arkeologika, Numismatika, Etnografika, Keramologika, dan Seni rupa.

Selain menyimpan benda-benda koleksi kepurbakalaannya di dalam ruangan, terdapat dua Artefak yang disimpan di halaman Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama, yaitu artefak Meriam Ki Amuk dan juga alat penggilingan Lada. Yang paling terkenal adalah Meriam Ki Amuk, meriam yang terbuat dari tembaga dengan tulisan arab yang panjangnya sekitar 2,5 meter ini merupakan bantuan dari Ottoman Turki. Konon Meriam Ki Amuk memiliki kembaran yaitu Meriam Ki Jagur yang saat ini tersimpan di halaman belakang Museum Fatahillah Jakarta. Sedangkan alat penggilingan lada yang terbuat dari batu padas yang sangat keras telah hancur menjadi beberapa bagian. Pada zaman dahulu Banten memang dikenal sebagai penghasil lada, itulah yang menyebabkan Belanda datang ke Banten, salah satunya ingin menguasai produksi lada.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.

Trips


2 upcoming trips from 2 operators


Apr/21

Open Trip | Banten Lama Heritage

Rp329.000/orang

Grade: LightSafe for everyone, including children. No formal skill necessary.
Operator: Vakansinesia  Trusted

Mei/01

One Day Trip Explore Banten Lama

Rp329.000/orang

Grade: LightSafe for everyone, including children. No formal skill necessary.
Operator: kawan setia tour  
×

...