shop-triptrus

Masjid Besar Kauman

  • Image courtesy of semarangplus.com
  • Image courtesy of aryoramadhans.blogspot.co.id
  • Image courtesy of lastrisulas.blogspot.co.id
   
Menurut inskripsi berbahasa dan berhuruf jawa yang terpatri di batu marmer tembok bagian dalam gerbang masuk ke Masjid Besar Kauman Semarang, masjid ini dibangun pada tahun 1170 Hijriah atau bertepatan dengan tahun 1749M. lengkapnya inskripsi tersebut berbunyi seperti berikut :

“Pemut kala penjenengane Kanjeng Tuwan Nikolas Harting hedelir gopennar serta sarta Direktur hing tanah Jawi gennipun kangjeng Kyahi Dipati Suradimanggala hayasa sahega dadosse masjid puniki kala Hijrat 1170”

Dalam bahasa Indonesia nya :

“Tanda peringatan ketika kanjeng Tuan Nicoolass Hartingh, Gubernur serta Direktur tanah Jawa pada saat Kanjeng Kyai Adipati Suramanggala membangun hingga jadinya masjid ini pada tahun 1170 Hijrah”

Tuan Nicoolass Hartingh sendiri seperti yang disebutkan dalam inskripsi tersebut adalah tokoh utama penggerak lahirnya perjanjian Giyanti pada tahun 1755 yang memecah wilayah Kesultanan Mataram atau dikenal dengan Palihan Nagari menjadi wilayah kesultanan Ngayokyakarta Hadiningrat berpusat di Yokyakarta dan Kasunanan Surakarta. Atas upayanya Nicoolas Hartingh kemudian dihadiahi rumah dinas oleh pemerintah penjajahan Belanda (VOC) di daerah tugu muda dengan nama De Vredestein atau Wisma Perdamaian.

Masjid Besar Kauman Semarang ini yang kini masih berdiri kokoh adalah bangunan yang didirkan oleh Adipati Suradimanggala (Kiai Terboyo) menggantikan masjid lama yang rusak parah akibat kebakaran selama geger pecinan di Semarang tahun 1741. Lokasi masjid lama ini berada di sebelah timur alun alun diseberang barat kali Semarang. Masjid tua ini pernah dipugar pada masa penjajahan, pada tahun 1889 sampai 1904 dikarenakan pernah terjadi kebakaran pada masjid tersebut. Pada waktu pemugaran Masjid Kauman ditangani seorang arsitek Belanda bernama Gakampiyan.

Dulunya masjid yang terletak dekat alun-alun Semarang. Namun alun-alun tersebut kini telah berubah menjadi Pasar Johar dan Hotel Metro. Masjid Kauman sampai saat ini tetap berdiri kokoh ditengah-tengah padatnya lingkungan sekitar masjid yang penuh dengan pedagang kali lima, pedagang kios dan tempat angkutan menunggu penumpang.Meskipun saat ini di Semarang telah dibangun Masjid Agung Jawa Tengah dengan bangunan yang lebih besar, namun Majid Kauman tetap ramai dikunjungi orang-orang yang beribadah dari segala penjuru daerah. Di masjid ini juga terdapat satu tradisi turun temurun sejak jaman dahulu, yaitu ritual Dugderan yang dilaksanan untuk memperingati awal bulan Ramadhan. (Artikel: simas.kemenag.go.id)

View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Masjid Besar Kauman at this time

×

...