shop-triptrus

Commonwealth War Cemetery

  • Image courtesy of cwgc.org
  • Image courtesy of cwgc.org
  • Image courtesy of sevensoldiersons.com
   
Commonwealth War Cemetery atau dikenal juga dengan Ambon War Cemetery atau Australian Cemetery merupakan kawasan pemakaman tentara sekutu yang gugur pada Perang Dunia II. Pemakaman ini terletak di Tantui, tidak jauh dari Taman Makam Pahlawan Indonesia. Ada 2137 makam di pemakaman ini dengan lebih dari separuhnya merupakan tentara 2/21 batalion "Gull Force" Australia. 800 Tentara Inggris yang dimakamkan di sini merupakan anggota Royal navy dan Royal Airforce.

Pemakaman ini ramai dikunjungi oleh warga Australia untuk memperingati ANZAC (Australian and New Zealand Army Corps) day yang dimaksudkan untuk memperingati jasa-jasa pasukan yang gugur pada perang. Di tengah-tengah komplek pemakaman terdapat tugu salib yang patah dan hanya tersisa dasarnya saja. Pemakaman tentara Inggris berlokasi di sebelah kanan tugu dan di paling depan pemakaman merupakan makam tentara India yang beragama Islam.

Di makam ini jugaterdapat prasasi berisi nama-nama prajurit yang gugur namun tidak diketahui lokasi pemakamannya. Juga terdapat prasasti yang menceritakan perang tersebut, lengkap dengan peta Indonesia.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Commonwealth War Cemetery at this time

×

...