shop-triptrus

Kolam Waiselaka, Pulau Ambon

  • Image courtesy of eliku08.blogspot.com
  • Image courtesy of sayangi.com
  • Image courtesy of eliku08.blogspot.com
  • Image courtesy of eliku08.blogspot.com
   
Kolam Waiselaka terletak di Desa Waai, Kecamatan Tulehu, 28 kilometer dari Kota Ambon. Kolam seluas 1.500 meter persegi ini terkenal karena menjadi habitat bagi kurang lebih 100 belut. Yang istimewa, belut-belut ini berukuran raksasa, yang memiliki panjang hingga mencapai 1,5 meter dan diameter 10-12 centimeter. Belut-belut raksasa ini disebut juga morea.

Menurut legenda masyarakat sekitar, dahulu ada tombak sakti yang dilemparkan dari Gunung Salahutu dan menancap di kolam Waiselaka. Sejak itulah morea raksasa hidup dan berkembang biak di sana. Morea di kolam ini tidak selalu terlihat, untuk memanggilnya diperlukan umpan belut berupa telur yang dilubangi. Konon hanya pawang yang dapat memanggil morea ini keluar dari tempat persembunyiannya.

Selain sebagai habitat belut, kolam ini juga menjadi tempat kegiatan warga yang memerlukan air seperti mencuci pakaian dan mandi. Kurang lebih 20 belut di kolam ini sudah jinak sehingga anda aman jika ingin memegang dan bermain dengan belut-belut tersebut.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Kolam Waiselaka, Pulau Ambon at this time

×

...