shop-triptrus

Gua Mampu

  • Image courtesy of towarani1407.blogspot.com
  • Image courtesy of towarani1407.blogspot.com
  • Image courtesy of towarani1407.blogspot.com
  • Image courtesy of guamampu.blogspot.com
   
Gua Mampu terletak di lereng Gunung Mampu, Desa Cabeng, Kecamatan Dua Boccoe, 250 meter di atas permukaan laut dan 34 kilometer dari Watampone, ibukota kab. Bone. Dengan luas 2000 meter persegi, gua ini menjadi gua terluas yang ada di Sulawesi Selatan. Karena luasnya gua ini, baru 700 meter persegi saja yang berhasil diterlusuri.

Ada beberapa legenda terkait dengan gua ini. Legenda Alleborenge Ri Mampu yang mengisahkan kerajaan Mampu yang pernah berdiri di gua ini, namun terkena kutukan dewa sehingga semua isinya menjadi batu, tersebar di masyarakat sekitar gua dan diyakini sebagai kebenaran. Juga legenda yang ditemui dalam lontar Bugis kuno yang berkisah tentang perkampungan yang terkena kutukan. Dan memang di dalam gua banyak ditemui bongkahan batu yang mirip dengan manusia, binatang, dan benda-benda lain yang seakan menampilkan diorama kehidupan manusia di jaman dulu.

Jika anda tidak membawa penerangan, jangan khawatir. Sebelum memasuki gua, anda akan disambut oleh sekelompok anak kecil yang membawa penerangan obor bambu. Mereka siap mengantar dan juga menjadi tour guide anda selama menelusuri Gua Mampu.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Gua Mampu at this time

×

...