shop-triptrus

Gua Leang Leang

  • Image courtesy of .celanaman kaskur.co.id
  • Image courtesy of wego.co.id
  • Image courtesy of wego.co.id
  • Image courtesy of kidnesia.com
   
Leang dalam bahasa makassar berarti gua, pengulangan di sini berarti gua-gua. Kawasan Leang-leang memang terdiri dari banyak gua yang jaraknya relatif dekat satu sama lain. Kawasan gua ini terletak di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, tepatnya di Kelurahan Kalabirang Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros.

Sebelum memasuki gua-gua yang ada di kawasan leang-leang, anda akan terlebih dahulu dibuat takjub dengan batu

Banyak peninggalan prasejarah yang ditemukan di gua ini. Di antaranya adalah gambar gua prasejarah (rock painting) berwarna merah di gua Pettae dan Petta Kere. Gambar yang ditemukan berupa gambar babi rusa dan telapak tangan. Selain itu anda juga dapat melihat berbagai peralatan yang terbuat dari batu, sisa-sisa makanan berupa tulang binatang dan kulit kerang. Peninggalan-peninggalan tersebut menunjukkan bahwa gua tersebut merupakan tempat tinggal bagi manusia pada zaman prasejarah.

Selain dua gua dengan peninggalan prasejarah, ada beberapa gua lain yang memiliki keunikannya masing-masing. Seperti Leang Bulu Ballang yang menyimpan porselin dan gerabah, Leang Cabu yang sering dijadikan tempat latihan panjat tebing, dan Leang Sampeang yang memiliki gambar manusia berwarna hitam.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Gua Leang Leang at this time

×

...