shop-triptrus

Tugu Australia

  • Image courtesy of http://www.kaltimpost.co.id
  • Image courtesy of http://static.panoramio.com
  • Image courtesy of http://1.bp.blogspot.com
   
Keunikan Tugu Australia sendiri diantaranya pada lokasi keberadaanya. Tak ubahnya dengan Tugu Monas, Tugu Australia juga berada di pusat kota. Keunikan lain karena bentuk fisik bangunan yang tidak begitu tinggi dan dihiasi dengan berbagai macam tanaman bunga membuat tugu ini tak ubah seperti taman kota biasa. Jadi tak heran bila warga banyak yang tidak tahu meskipun sering melintas di bundaran Tugu Australia ini.
Keunikan lain dari Tugu Australia adalah saat peringatan Australian and New Zealand Army Corps ( ANZAC day) yang jatuh pada tanggal 25 April. Saat itu akan diadakan upacara di sekitar tugu ini. Hampir setiap tahun Perwakilan Kedubes Australia di Jakarta, warga Australia yang berdomisili di Balikpapan, Perwakilan Tentara Australia, hingga para veteran perang dari Australia melakukan upacara penghormatan. Sama seperti saat kita memperingati hari Pahlawan setiap tanggal 10 November.
Selain itu, upacara biasanya juga dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintahan di kota Balikpapan seperti Walikota, Pangdam, Kapolda dan unsur muspida lainnya. Upacara biasanya dimulai pukul 06.00 Wita. Adapun pelaksanaannya biasanya diawali dengan sambutan oleh Kedubes, kesan dan pesan dari Veteran yang terlibat langsung dalam PD II di Kalimantan, Pengibaran bendera Australia dan Indonesia serta diakhiri dengan peletakan karangan bunga di sekitar tugu.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Tugu Australia at this time

×

...