shop-triptrus

Taman Nasional Gunung Palung

  • Image courtesy of http://id.wikipedia.org
  • Image courtesy of http://www.arytasman.com
  • Image courtesy of http://worldtourismindonesia.blogspot.com
   
Taman Nasional Gunung Palung secara astronomis berada diantara 01º 03’- 01 º22’ Lintang Selatan dan 109º 54’ - 110º 28’ Bujur Timur. Secara administrative kawasan Taman Nasional ini masuk dalam 2 Kabupaten yaitu: Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

TNGP ini kaya akan keanekaragaman hayatinya. Kawasan TNGP memiliki kekayaan flora yang tinggi. Tercatat ditemukan sekitar 3.500-4.000 macam vegetasi berkayu, termasuk didalamnya 70 jenis family Dipterocarpaceae. Dan berbagai spesies flora kunci juga ditemukan di Gunung Palung yaitu famili Dipterocarpaceae, Gaharu (Aquilaria malaccensis), Ulin (Eusideroxylon zwageri) dan Ramin (Gonystylus bancanus). Genus Dipterocarpus dan Shorea adalah genus yang paling mendominasi. Sedangkan genus Dryobalanops sp hanya ditemukan diwilayah timur Taman Nasional.

Selain itu, di TNGP juga ditemukan Tupai Kenari (Reithrosciurus macrotis) yang merupakan hewan yang sangat langka. Saat ini tercatat sekitar 71 jenis spesies mamalia kecil 35% termasuk dalam ordo Rodentia (Pengerat) dan 8% termasuk dalam ordo Chiroptera (Kelelawar).
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.

Nearest Destination



Info

No upcoming trip to Taman Nasional Gunung Palung at this time

×

...