shop-triptrus

Museum Negeri Kalimantan Barat

  • Image courtesy of http://wawan-baskoro.blogspot.com
  • Image courtesy of http://kekunaan.blogspot.com
  • Image courtesy of http://www.skyscrapercity.com
   
Museum Provinsi Kalimantan Barat merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Pontianak, atau tepatnya di sebelah Gedung Dewan Kesenian Kalimantan Barat dan juga berdekatan dengan Rumah Adat Dayak. Bangunan Museum Provinsi Kalimantan Barat tergolong megah, yang terdiri atas 2 lantai dimana kedua lantai ini difungsikan sebagai gedung pameran tetap untuk memamerkan beberapa koleksi yang dimiliki museum tersebut.
Museum ini diresmikan pada tahun 1974 oleh Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) Provinsi Kalimantan Barat melalui Proyek Rehabilitasi dan Perluasan Permuseuman Kalimantan Barat. Sedangkan fungsionalisasinya diresmikan pada 4 Oktober 1983 oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Depdikbud dan sejak saat itu museum ini dibuka untuk umum.
Museum Provinsi Kalimantan Barat dibangun di tengah tanah yang luas. Di bagian halaman belakang rancak dihiasi berbagai koleksi khas suku Dayak seperti rumah langun, sandung, pancar, rupa-rupa patung serta ukiran. Selain itu juga terdapat alat penggerak ekonomi berupa miniatur tungku naga, pengepres karet, rumah kopra. Sedangkan dibagian halaman depan ada sebuah relief dimana menggambarkan peristiwa perjuangan kemerdekaan dari suku Dayak dan Melayu.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Museum Negeri Kalimantan Barat at this time

×

...