shop-triptrus

Kerajinan Tenun Ikat

  • Image courtesy of http://jingga-senja.blogspot.com
  • Image courtesy of http://sarungtenun-samarinda.blogspot.com
  • Image courtesy of http://www.indonesia.travel
   
Kerajinan Tenun Ikat merupakan salah satu kerajinan yang merupakan kekayaan dari indonesia. Tenun ikat berupa kain yang di tenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang diikat dan kemudian dicelupkan kedalam zat pewarna yang alami. Untuk melakukan tenun ikan tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan alat tradisional. Kain ikat yang sudah jadi dapat digunakan sebagai bahan pakaian dan perlengkapan busana, kain pelapis meubel atau penghias interior rumah.
Sebelum dilakukan tenun, helai benang di ikat menggunakan tali plastik dan diseuaikan denga corak yang diinginkan. Ketika benang di celup, bagian helai-helai benang yang diikat dengan tali plastik tidak ikut diwarnai. Tenun ikat ganda dibuat dengan menggabungkan tenun benang pakan dan tenun benang lungsin dimana kduanya sudah di beri motif sebelumnya.
Kain ikat ini dapat dibedakan oleh kain songket berdasarkan jenis benangnya. Pada umumnya songket menggunakan benang emas atau perak. Motif kain ikat dapat terlihat di kedua sisi kain sedangkan motif kain songket hanya dapat dilihat di salah satu sisi kain.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Kerajinan Tenun Ikat at this time

×

...