shop-triptrus

Danau Rana Tonjong

  • Image courtesy of http://www.way2east.com
  • Image courtesy of wisata.nttprov.go.id
  • Image courtesy of http://www.way2east.com
   
Danau Rana Tonjong merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Nanga Mbaling Kecamatan Sambi Rampas. Danau yang terletak sekitar 3km dari Pota ini adalah sebuah dataran rendah yang dikelilingi perbukitan desebelah varat, selatan, utara sedangkan disebelah timur merupakan sebuah persawahan milik masyarakat yang lumayan cukup luas.
Hal yang menarik dari danau ini yaitu ditumbuhinya bungai teratai raksasa atau Victoria Amazonica atau disebut bunga Tanjong dalam bahasa masyarakat setempat. Tumbuhan ini menutupi hampir bagian danau ini dan tumbuh sangat subur akan tetapi bunga ini hanya mekar sekali dalam setahun yaitu sekitar bulan april-juni. Kemudian, apabila bunga sudah mekar maka akan terdapat biji-bijian seperti rasanya mirip kacang tanah dan banyak mengandung minyak. Biji-bijian ini dapat langsung dinmakan mentah-mentah atau pun dimasak terlebih dahulu.
Disamping itu, didanau ini juga dijumpai habitat binatang lain seperti ikan air tawar, katak dan ular sawah serta banyak burung yang mencari makan di danau ini seperti burung bangau, elang dan angsa putih.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Danau Rana Tonjong at this time

×

...