shop-triptrus

Air Panas Banjar

  • Image courtesy of http://banjar.villabossibali.com
  • Image courtesy of http://dibali.web.id
  • Image courtesy of http://www.tropicalisland.de/
   
Pemandian air panas Banjar merupakan pemandian air panas paling terkenal di pulau Bali. Pemandian air panas ini terletak di Desa Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Berjarak 25 km dari Kota Singaraja dan 80 km dari Kota Denpasar. Letak pemandian air panas ini tidak jauh dari Pantai Lovina yang terkenal dengan lumba-lumbanya itu. Pemandian air panas ini dapat ditempuh dari Bandara Ngurah Rai selama 3 jam perjalanan.
Air Panas Banjar dikenal sebagai sebutan Hot Spring dan sudah tidak asing lagi bagi para turis lokal atau mancanegara.
Air panas ini harus dicapai dengan berjalan kaki karena kendaraan hanya bisa masuk dan parkir sampai di depan tempat penjualan tiket. Lokasinya sangat rimbun, hijau dan asri. Sepanjang perjalanan mencapai lokasi kolam terdapat banyak toko souvenir khas Bali selain penjual makanan dan minuman.
Sumber air panasnya sendiri konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Pada saat pendudukan Jepang sumber air ini dibenahi dan ditata. Sumber air dan kolamnya sendiri tidak terlalu jauh, dinaungi oleh pohon beringin dan diberi pagar untuk keselamatan.
Walaupun dikelola dengan sederhana dibanding lokasi wisata lain di Bali dan tidak banyak dipublikasikan, tempat ini ternyata mampu menarik wisatawan mancanegara. Lokasinya yang berada di tengah pepohonan dan masih asri membuat wisatawan betah berendam di kolam ini.
Kolam air panasnya dibagi menjadi tiga bagian dengan tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Di kolam pertama air panas dialirkan melalui mulut delapan pancuran naga. Air panas yang mengandung sulphur juga dialirkan ke kolam utama melalui mulut lima pancuran naga. Selain itu yang tidak kalah menjadi favorit dan kadang sampai ada yang rela antri adalah kolam ketiga dimana terdapat tiga pancuran air yang dialirkan dari ketinggian 3,5 meter. Tingginya pancuran membuat tubuh seperti dipijat air panas sehingga pengunjung rela berlama-lama berdiri di bawah pancuran air.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Air Panas Banjar at this time

×

...