shop-triptrus

Air Terjun Singsing

  • Image courtesy of www.indoholidaytourguide.com
  • Image courtesy of dereizigersgids.nl
  • Image courtesy of travel.detik.com
   
Air Terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji, yang termasuk di dalam wilayah Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Daerah Tingkat II Buleleng. Lokasi air terjun ini sangat dekat dengan kawasan wisata pantai Lovina yang berjarak hanya 3 km dan dari ibukota kabupaten Singaraja berjarak lebih kurang 13 km. Dari ibukota Denpasar menuju Air Terjun Singsing ini menempuh jarak sekitar 93 km dengan mengikuti jalan jurusan Denpasar, Bedugul, Singaraja, dan Lovina.
Air Terjun Singsing memiliki ketinggian sekitar 12 meter dengan kedalaman kolam 3 m. Tak jauh dari air terjun ini kira-kira 100 meter, menaiki tangga dan menyusuri tebing, juga terdapat air terjun yang lebih besar dan lebih indah, namanya Air Terjun Singsing Dua. Air terjun kedua ini memiliki ketinggian dua kalinya dari air terjun yang pertama dengan kedalaman kolam sekitar 5 m. Di tengah-tengahnya terdapat sebuah batu besar yang seolah-olah membelah air terjun tersebut menjadi dua.
Tidak jauh dari Air Terjun Singsing ini, terdapat sebuah monumen yang dikenal dengan nama Monumen Belanda. Monumen tersebut dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda untuk memperingati gugurnya seorang perwira tentara Belanda dalam perang Banjar yang terjadi pada tahun 1868. Sekitar tahun 1956 monumen Belanda ini dihancurkan oleh penduduk setempat karena dianggap menghormati penjajahan Belanda. Akan tetapi, pada tahun 1992 monumen Belanda ini akhirnya dibangun kembali oleh Pemerintah Daerah Tingkat II Buleleng dengan maksud bahwa catatan sejarah tidak dapat dihapus atau dihilangkan begitu saja. Di samping itu, monumen Belanda ini juga merupakan lambang rasa patriotisme dan kepahlawanan rakyat Banjar yang mampu menewaskan perwira tinggi Belanda pada saat perang Banjar tersebut. Dengan dibangunnya kembali monumen Belanda tersebut, diharapkan dapat menambah daya tarik wisata di Air Terjun Singsing, di mana selain wisata alam juga ditunjang dengan wisata sejarah.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Air Terjun Singsing at this time

×

...