shop-triptrus

Kebun Salak Pondoh

  • Image courtesy of http://bibitsalak.wordpress.com
  • Image courtesy of http://sleman-sembada.blogspot.com
  • Image courtesy of http://ghostybusters.blogspot.com
  • Image courtesy of http://yogyakarta.panduanwisata.com
   
Turi merupakan nama sebuah kecamatan di daerah lereng merapi disebelah selatan, Agrowisata turi sendiri berada di dusun Gadung, desa Kebun Kerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kurang lebih 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Rute yang dilewati pun cukup mudah bisa lewat jalan magelang ataupun melewati Jl. Palagan yakni dari Tugu Yogyakarta keutara melewati Monumen Jogja kembali masih keutara hingga pertigaan kalau kekanan kearah pakem dan ke arah wisata Kaliurang kita ambil jalan lurusnya ikuti jalan utama tersebut maka kita akan sampai ditempat tersebut. Agrowisata Turi ini secara resmi dibuka sejak 1994. Yang menjadi andalan dari Agrowisata di tempat ini adalah kebun Salak Pondohnya, . Di tempat ini pengunjung dapat melihat berbagai jenis tanaman salak yakni sekitar 17 jenis yang antara lain Salak pondoh super , Salak pondoh kuning, salak pondoh hitam, salak bali, salak tanonjaya, salak semeru, salak gading dan lain sebagainya.
Selain tanaman salak pondok di tempat ini juga dibudidayakan tanaman obat, disini dapat dijumpai temulawak, jahe, kencur dan lain sebagainya.
Kawasan Agrowisata ini sendiri terbentuk tidak terlepas dari seorang profesor kedokteran gigi bernama Sudibyo. Beliau ini mendapat pengalaman dalam hal pengembangan budidaya salak pondok dari orang tuanya sejak beliau berada di bangku SMP yakni sekitar tahun 1958. Berkat pengalaman inilah beliau mampu menemukan cara budidaya salak pondoh dimana beliau menemukan cara bagaimana memindahkan tanaman salak tanpa membuatnya mati.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Kebun Salak Pondoh at this time

×

...