shop-triptrus

Museum Dewantara Kirti Griya

  • Image courtesy of http://yogyakarta.panduanwisata.com
  • Image courtesy of http://wisatamelayu.com
  • Image courtesy of http://id.wikipedia.org
   
Musuem Dewantara Kirti merupakan museum peniggalan dari tokoh pendidikan Indonesia yaitu Ki Hadjar Dewantara yang berupa rumah dan pendapa. Selain itu museum juga menampilkan koleksi peninggalan barang-barang yang dipakai oleh Ki Hadjar Dewantara beserta keluarga.
Bangunan rumah yang berdiri di atas tanah seluas 5.594 m2 tersebut dibeli atas nama Ki Hadjar Dewantara, Ki Sudaminto, Ki Supratolo dari Mas Adjeng Ramsinah pada tanggal 14 Agustus 1935. Pada tanggal 18 Desember 1951, pembelian tersebut dihibahkan kepada Yayasan Persatuan Perguruan Tamansiswa.
Tanggal November 1957, bertepatan dengan kawin emas Ki Hadjar Dewantara, beliau menerima persembahan bakti dari para pecinta Taman Siswa berupa rumah tinggal yang diberi nama Padepokan Ki Hadjar Dewantara, berlokasi di Jl. Kusumanegara 131 Yogyakarta.
Pada tanggal 26 April 1959 didirikanlah museum taman siswa di rumah bekas Ki Hadjar Dewantara.
Pada tahun 1963 dibentuklah panitia pendiri Museum Tamansiswa yang terdiri dari
1. Keluarga Ki Hadjar Dewantara.
2. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
3. Sejarawan.
4. Keluarga Besar Taman Siswa
Di museum ini pula awal lahirnya Badan Musyawarah Museum (Barahmus) DIY tahun 1971, yang dipimpin Mayor Supandi (alm.) sebagai ketua I dan selanjutnya Barahmus DIY beralamat di Jl. Taman Siswa hingga 2 Mei 2007, kemudian pindah ke Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Museum Dewantara Kirti Griya at this time

×

...