shop-triptrus

Museum Wayang Kekayon

  • Image courtesy of http://menatapsenja.wordpress.com
  • Image courtesy of http://pusakajogja.blogspot.com
  • Image courtesy of http://menatapsenja.wordpress.com
   
Museum Wayang Kekayon adalah museum mengenai wayang yang ada di kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Raya Yogya-Wonosari Km. 7, kurang lebih 1 km dari Ring Road Timur. Museum yang menggambarkan sejarah bangsa Indonesia sekaligus kesenian wayang ini didirikan pada 23 Juli 1990 oleh Soedjono Prawirohadikusumo, seorang dokter spesialis kesehatan jiwa. Prof. Soejono merupakan sosok yang sangta mencintai dunia pewayangan dan memiliki cita-cita mendirikan museum khusus wayang. pada tahun 1981 impian beliau akan musium wayang mulai direalisasikan.
museum ini mempunyai beberapa jenis wayang, seperti: wayang Purwa, wayang Madya(menceritakan era pasca perang Baratayuda), wayang Thengul, wayang Klithik (mengisahkan Damarwulan dan Minakjinggo), wayang beber, wayang Gedhog (cerita Dewi Candrakirana), wayang Suluh (mengenai sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia), dan lain lain. Berkaitan dengan wayang Purwa, museum ini memiliki beberapa poster yang menggambarkan strategi perang yang dipakai dalam perangBaratayuda antara keluarga Pandawa dan Kurawa, yaitu: strategi Sapit Urang dan strategi Gajah.
Museum Kekayon memiliki 5.465 buah wayang yang terbagi menjadi 25 jenis wayang, baik wayang yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
Sepeninggal Prof.dr.Soejono, pengelola museum ini dilakukan oleh putranya, RM.Donny Meganda, S.Si,MM. Dan saat ini museum diurus oleh yayasan Sosial Kekayon.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Museum Wayang Kekayon at this time

×

...