shop-triptrus

Pawai Paskah Kupang


When
: 17 Apr 2022
Location
: Kupang
Short URL
: http://triptr.us/m7M9

TripTrus.Com - Paskah merupakan salah satu perayaan besar yang dirayakan oleh umat Katholik dan Protestan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sebagai kota yang mayoritas penduduknya adalah Kristen, tentunya umat Kristen memiliki semangat yang besar ketika Paskah tiba.

Setiap gereja meperingati Hari Raya Paskah dengan mengadakan berbagai kegiatan. Beberapa kegiatan bahkan telah dilangsungkan sebagai agenda rutin dan dianggap sebagai sebuah tradisi. Salah satunya kegiatan tersebut adalah kegiatan kreasi salib.

Kreasi salib adalah kegiatan membuat replika Salib Tuhan Yesus untuk ditempatkan di area lingkungan gereja. Dalam kreasi salib ini, biasanya akan ada tiga buah salib yang akan dibuat. Hal ini dibuat untuk meggambarkan peristiwa penyaliban Tuhan Yesus di bukit Golgota dan bertujuan untuk memaknai kematian Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan umat manusia dari dosa.

Kreasi salib ini juga memberikan ruang bagi para orang muda Kristen untuk mengeluarkan sisi kreatif mereka dalam merancang dan membuat bahan untuk membentuk salib. Bahan pembuatan salib pun berbeda beda, ada yang terbuat dari potongan kayu, potongan besi, potongan ranting, pecahan kaca atau dari barang-barang bekas. Itu semua bergantung pada kreatifitas dari jemaat. Bahkan tak jarang, di beberapa gereja, mereka menjadikan kegiatan ini sebagai ajang perlombaan untuk mengasah kreatifitas jemaat.

Gereja-gereja di Kupang umumnya memiliki banyak jemaat. Mereka biasanya dibagi dalam beberapa sektor untuk memudahkan pelayanan, misalnya dalam sebuah gereja terdapat 50 kepala keluarga, maka akan dibagi tiga sektor untuk pelayanan atau disesuaikan dengan kebutuhan pelayanan. Dimana, gereja–gereja di Kupang umumnya memiliki lebih dari dua sektor pelayanan. Jadi sendainya jika ada 10 gereja saja, maka ada sekitar 15-an salib yang didirikan untuk Paskah. Sehingga ketika Paskah tiba, kita akan dengan sangat mudah melihat ornamen salib di mana-mana yang bahkan telah didirikan dua minggu sebelum paskah. Setiap sektor dari gereja tersebut akan memilih sebuah tempat yang terbuka dan sedikit lebih luas untuk mendirikan tiga salib tersebut.

Lingkungan gereja tempat di mana saya tinggal juga melakukan hal yang sama. Tempat didirikan kreasi salib ini biasanya menjadi sentral kegiatan berkumpul selama kurang lebih seminggu dalam sektor itu. Berbagai kegiatan bersama pun digelar seperti peribadahan, menjadi tempat berkumpulnya para keluarga-keluarga Kristen dalam melakukan kegiatan bersama untuk menjalin keakraban satu sama lain serta menjadi ajang hiburan bagi anak-anak sekolah untuk mengisi masa liburan, karena libur paskah di Kupang berlangsung selama seminggu penuh. Bukan hanya itu, tapi tempat tersebut juga menjadi ajang membina keakraban bersama dengan teman-teman yang beragama lain karena ketika persiapan pembuatan kreasi salib, para pemuda Kristen juga mendapat banyak pertolongan dari teman yang berbeda keyakinan.

Puncak acara terjadi pada hari Jumat terakhir sebelum Paskah yang biasa disebut Jumat Agung (peringatan kematian Tuhan Yesus). Pada hari Jumat, setiap gereja akan merayakan Jumat Agung dengan melakukan peribadahan di gereja yang telah didekorasi dengan warna ungu untuk menunjukkan perasaan berkabung atas kematian Tuhan Yesus. Bukan hanya itu saja, ada tradisi lain yang dikhusukan bagi jemaat yang telah dewasa pada Jumat Agung yakni ibadah perjamuan (roti dan anggur) pada sore hari. Tradisi perjamuan ini memiliki makna yang dalam yakni sebagai pengingat akan kematian dan janji kebangkitan Tuhan Yesus.

Di gereja tempat saya beribadah, kami memiliki tradisi lain yaitu setelah ibadah jumat agung dan perjamuan di gereja, para jemaat akan kembali melaksanakan kegiatan lain di tempat kreasi salib pada malam hari yaitu kegiatan duduk bersama untuk melantunkan puji-pujian sebagai bentuk peringatan akan kematian Tuhan Yesus. Pada hari berikutnya (Sabtu), para jemaat akan kembali berkumpul di tempat salib untuk melakukan ibadah bersama untuk memaknai akan kebangkitan Tuhan dan dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah. Biasanya setelah ibadah hari kedua, banyak jemaat yang tidak pulang ke rumah, melainkan memilih bertahan untuk menjaga tempat salib, sambil menunggu pawai dalam lingkungan gereja yang sering disebut dengan pawai obor.

Pawai obor adalah kegiatan yang dilakukan oleh gereja bagi umat untuk memperingati tentang kebangkitan Yesus dari kematian. Sejarah mengapa disebut pawai obor, hal dikarenakan sejak dahulu digelarnya pawai ini, jemaat akan berjalan akan berjalan mengelilingi lingkungan gereja dengan membawa obor (alat penerang yang terbuat dari bambu yang telah diisi minyak tanah dan diberi sumbu diatasnya agar dapat diibakar). Kegiatan membawa obor ini dilakukan sejak dulu dikarenakan jaman dulu penerangan di jalan belum masih sangat minim, tidak sebanyak sekarang. Namun tradisi ini terus dibawa hingga sekarang.

Pawai ini akan dimulai pada dini hari sekitar jam tiga pagi di mana para jemaat yang ada di setiap sektor berkumpul di gereja. Kemudian, para jemaat beserta para pengurus gereja akan berjalan mengelilingi setiap sektor sesuai dengan rute yang telah ditentukan dari pihak gereja. Mereka secara bersama-sama akan melaksanakan pawai dalam lingkup gereja mereka untuk melihat kreasi masing-masing sektor dan melihat beberapa pementasan drama singkat tentang cerita Paskah yang dipersiapkan dimasing-masing sektor. Setelah semua rute selesai, jemaat akan kembali ke gereja sebagai penutup.

Pawai obor yang telah selesai akan dilanjutkan dengan melakukan kegiatan lain di gereja yakni kegiatan mencari telur Paskah yang disembunyikan dalam area gereja. Kegiatan ini menjadi sangat menarik karena akan diikuti oleh semua kalangan usia, baik anak-anak atau orang tua, mereka akan berusaha untuk mencari telur Paskah. Walaupun mungkin hanya telur rebus biasa yang disembunyikan, tetapi ada kebahagian tersendiri ketika kita berhasil menemukan telur tersebut dalam masa raya Paskah.

Kegiatan cari telur Paskah ini bermakna tentang perubahan hidup yang lebih baik lagi setelah Paskah. Jemaat diharapkan dapat menjadi pribadi yang sudah melepas kelakuan buruk di masa lalu dan berusaha hidup ke depan dengan hati yang baru dan kelakuan yang baik. Kegiatan Paskah ini akan diakhiri dengan ibadah bertema Paskah di gereja sebagai puncak dari perayaan Paskah.

[Baca juga : "Yogyakarta Simfony Orkestra"]

Demikianlah tradisi yang bisa saya gambarkan secara utuh tentang Paskah di Kupang, ini hanya sebagian kecil. Karena di NTT punya banyak cara tradisi yang dilakukan ketika Paskah. Sebut saja kegiatan Semana Santa di Flores. Setiap tempat memiliki caranya sendiri untuk menghayati masa Paskah. Kegiatan itu juga dapat berupa kegiatan berbagi kepada orang tak mampu, pelayanan kasih kepada orang tua, bahkan lomba-lomba bertema rohani lainnya.

Tetapi yang menjadi sama adalah tradisi membuat kreasi salib yang terus dihayati sebagai bentuk pengingat tentang pengorbanan Sang Juruselamat bagi manusia yang dimaknai lebih lewat perilaku yang membawa sukacita. Paskah bukan hanya berbicara tentang tradisi, tetapi berbicara lebih banyak tentang hubungan manusia dengan pencipta lewat keyakinan yang dianutnya serta tentang keharmonisan hidup bersama orang lain. Tradisi boleh berbeda, tapi makna tentang Paskah haruslah tetap sama yakni tentang kasih yang tiada berakhir dari Tuhan Yesus yang semestinya terus kita sebar kepada sesama. (Sumber: Artikel aiya.org.au Foto pemuda_sinode_gmit ) 

   

Other Event

Mar/17 | Sabang Marine Festival

TripTrus.Com -  Sabang Marine Festival 2023 akan digelar dengan konsep baru yang mengangkat tema “Gerbang Kekayaan Bahari Indonesia”. Tema yang menggambarkan aktivitas bahari dan budaya masyarakat tersebut akan dilaksanakan 17-19 Maret 2023 di Kawasan Tugu Merah Putih dan sekitar Pelabuhan Teluk Sabang.       View this post on Instagram A post shared by Demitra Atashi 🇲🇨 🇵🇸 🇹🇷 (@demitra.atashi_lubis) Sabang telah lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata bahari terkemuka di Indonesia. Sabang menawarkan bentang alam dan laut yang menakjubkan dan eksotis. Wisata diving, snorkling, wind surfing hingga mancing mania sudah menjadi tujuan wisata ke Sabang. Sempat terdampak pandemi Covid-19 dua tahun lalu, kini pariwisata Kota Sabang kembali menggeliat. Sabang Marine Festival 2023 akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Kota Sabang juga telah kembali menjadi destinasi kapal pesiar dan yachter. Pada tahun 2020-2021 masa pandemi covid-19, kunjungan wisatawan ke Kota Sabang turun drastis, hanya mencapai 126 ribu -155 ribu orang. Pada tahun 2022 telah meningkat mencapai 254 ribu orang mengunjungi Sabang.Sabang Marine Festival 2023 menargetkan 20.000 kunjungan selama tiga hari pelaksanaan festival. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Sabang agar terus meningkat dari tahun ke tahun. Top Event terbaik di Indonesia Perhelatan bahari terbesar di Aceh ini juga telah dinobatkan sebagai salah satu top event di 110 Event Terbaik Indonesia yang masuk ke dalam kalender event nasional Kemenparekraf RI, Kharisma Event Nusantara (KEN). Sabang Marine Festival 2023 menjadi signature  event pertama di Kota Sabang, sehingga  menjadi event yang spesial bagi Kota Sabang. Kali ini Sabang Marine Festival akan dilaksanakan secara kolaboratif yang melibatkan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Pemerintah Kota Sabang, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan SKPA lainnya, Kementerian Pariwisata dan Ekraf, yang ikut didukung Pihak K/L lainnya yang ada di Sabang, TNI, POLRI, pihak Swasta dan komunitas masyarakat. Dalam festival ini akan melibatkan sekitar 1.000 orang peserta, meliputi pelaku seni, komunitas masyarakat, siswa, media, dan pelaku usaha serta unsur pemerintah. Sabang Marine Festival 2023 juga diharapkan dapat memberikan nilai ekonomi bagi pelaku usaha dan masyarakat. BPKS sebagai inisiator kegiatan SMF sejak Tahun 2015 terus berupaya menguatkan citra SMF sebagai salah satu tujuan singgah bagi para yachter yang melintasi perairan Kota Sabang.  Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata dan perangkat daerah lainnya akan memperkaya festival ini dengan berbagai atraksi budaya dan pariwisata bahari yang membuat SMF23 semakin meriah. Sebuah pertunjukan seni kolosal garapan Yusri Saleh (King of Ratoh Jaroe) sedang digodok bersama ratusan penari dari Kota Sabang untuk menyuguhkan penampilan pembuka yang dapat menghipnotis penonton. Pawai budaya atraksional akan digelar tidak hanya di daratan tapi juga di laut bersama para panglima laot dan nelayan sebagai ujung tombak budaya bahari di Kota Sabang. Partisipasi pelaku Ekraf/UMKM juga menjadi salah satu target utama dalam pameran UMKM dan Ekraf yang merupakan rangkaian kegiatan SMF23. [Baca juga : "Banjarmasin Sasirangan Festival"] Ragam perlombaan bertema bahari dan aktivitas bersih-bersih pantai terbuka bagi Anda yang tertarik mengikuti. Khanduri Adat Meulaot dengan jamuan khas yang akan dibagikan secara gratis kepada pengunjung, akan menjadi penutup dari rangkaian kegiatan Sabang Marine Festival. Dukungan penuh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan Kemenparekraf RI terhadap salah satu event unggulan Aceh ini akan diwujudkan dalam bentuk promosi kegiatan yang diharapkan mampu menyedot kunjungan wisatawan sebanyak-banyaknya untuk menghadiri Sabang Marine Festival 2023 nanti. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan kunjungan Anda ke Sabang Marine Festival! (Sumber: Artikel disbudpar.acehprov.go.id Foto @arhazstudio) ...
more.

Mar/10 | Jogja Violin Festival

TripTrus.Com -  Festival yang memadukan kearifan lokal Indonesia dengan musik internasional, Violin. Tahun ini adalah tahun ke-4 diselenggarakannya Jogja Violin Festival.       View this post on Instagram A post shared by Aris Herbandang (@aris_herbandang) Tahun ini adalah tahun yang paling spesial loh! Karna tahun ini Jogja Violin Festival akan mengkolaborasikan musik Dangdut dengan Violin! Menganggan tema “Tala Aksawakya” yang artinya melalui violin, musik dan kebudayaan, mereka dapat membelah langit agar diketahui, menarik kan? Jogja Violin Festival akan dimeriahkan oleh sejumlah performance dari penyanyi-penyanyi tanah air, diantaranya Woro Widowati, King Gaseng, FAS, Okky Kumala, dan Vicky Prasetyo, berkolaborasi dengan komunitas-komunitas yang ada di Indonesia. Dan akan ada pameran UMKM juga loh! Catat waktu dan tempatnya, Dab!⏱️10-11 Maret 2023📍Tebing Breksi, Yogyakarta📺 Live Streaming di Youtube Channel PESONA P3PKN & VISITING JOGJA [Baca juga : "Merumatta Coast Trail"] Awali 2023-mu dengan berkunjung ke Jogja Violin Festival 2023, sambil dukung kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia! Pergi ke Niagara lihat waterfall, yuk seru seruan di Jogja Violin Festival. (Sumber: Artikel visitingjogja.jogjaprov.go.id Foto @quinn_kunov)   ...
more.

Mar/10 | Banjarmasin Sasirangan Festival

TripTrus.Com - Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) akan dihelat pada Maret 2023.  Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, menyampaikan, pada event itu akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno.        View this post on Instagram A post shared by Banjarmasin Sasirangan Festival 2023 (@banjarmasinsasirangan.fest) "Beberapa waktu lalu kami sudah sampaikan langsung ke Pak Menteri Pariwisata, beliau dijadwalkan hadir di Banjarmasin," ucap Wali Kota Ibnu, baru-baru tadi.  Banjarmasin Sasirangan Festival diselenggarakan pada 10-12 Maret 2023.  Jadwal ini BSF 2023 ini terhitung lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan di akhir tahun. Hal ini tidak lain karena BSF telah masuk dalam acara Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023. Sedangkan KEN Festival merupakan event bergengsi tingkat nasional yang dimotori Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Penyelenggaraan KEN Festival 2023 tersebut dilaksanakan di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia, Jakarta. Pada BSF 2023, lanjut wali Kota Ibnu, terdapat keunggulan yang tak kalah dari gelaran di tahun sebelumnya.  "Termasuk undangan kepada seluruh kota di Indonesia akan ditampilkan juga produk dari daerah lain, bukan cuma sasirangan, ada songket, tenun, semua kriya Nusantara bisa ditampilkan di acara ini," lanjut Wali Kota.  [Baca juga : "Merumatta Coast Trail"] Dia juga mengimbau kepada pegiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pegiat kerajinan untuk bisa terlibat dan memanfaatkan momen ini.  "Ini juga merupakan momentum bagi para perajin Kota Banjarmasin, mari ramaikan BSF. Kami mengundang wisatawan dari luar daerah, datang ke acara BSF," pungkas Wali Kota Ibnu.  (Sumber: Artikel banjarmasin.tribunnews.com Foto @heppy_chalista) ...
more.

Comment

ButikTrip.com
remen-vintagephotography

Related Trip

No trip related to this event

Upcoming Trips

Open Trip Pulau Pahawang
31 Mar - 02 Apr 2023
Open Trip Pulau Harapan
01 - 02 Apr 2023
Open Trip Pulau Pahawang
07 - 09 Apr 2023
×

...