shop-triptrus

Festival Reog Nasional


When
: 11 Aug 2022
Location
: Ponorogo
Short URL
: http://triptr.us/nbS9

TripTrus.Com - Warga Ponorogo patut berbangga, karena Festival Reog Ponorogo (FRN) resmi masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengumumkan masuknya  Festival Reog Nasional, dalam KEN 2022 secara virtual pada awal Maret ini.

Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan olahraga (Disparpora) Kabupaten Ponorogo mengaku sangat senang, akhirnya Festival Reog Ponorogo bisa masuk ke agenda KEN 2022 ini. “Alhamdulillah akhirnya Festival Reog Ponorogo bisa lolos masuk event nasional KEN 2022. Ini merupakan capaian yang membanggakan,” kata Judha seperti dikutip dari ponorogo.go.id.

Menurut Judha hal ini baru pertama kali untuk Kabupaten Ponorogo. Dia berharap dengan adanya promosi FRN melalui KEN 2022, bisa mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara. “Sebagai konsekuensi dari telah ditetapkan FRN sebagai KEN 2022, maka segala persiapan  juga harus dilaksanakan oleh Pemkab Ponorogo,  mulai dari sarana dan prasarana agar bisa tampil lebih baik dan memukau,” katanya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Adif Marhaendra (@adif_dgcool

Judha juga berharap FRN ini bisa masuk sepuluh besar KEN. Menurutnya tidak mustahil hal itu bisa tercapai asal pelaksanaan FRN selalu terprogram di tanggal dan bulan yang sama setiap tahunnya. “Kalau tahun ini rencana pelaksanaanya masih menyatu dengan Perayaan Grebeg Suro, akan tetapi kedepan akan kami usulkan pelaksanaanya tiap tanggal 11 Agustus, bertepatan dengan HUT Kabupaten Ponorogo,” tambah Judha.

[Baca juga : "Festival Tabut"]

Sementara diberitakan Antara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meluncurkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 sebagai upaya membangkitkan geliat kegiatan di daerah. “Selain untuk mempromosikan destinasi pariwisata, KEN 2022 juga sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan,” kata Sandiaga Uno.

Program KEN diawali dengan proses kurasi guna menyaring kegiatan yang berkualitas. Terdapat lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, yaitu aspek ide dan potensi inovasi, pengembangan ekonomi kreatif, event management, seni pertunjukan dan budaya, serta strategi komunikasi dan media. Pada 2022, Kemenparekraf menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi yang akan dikurasi pada tahap I dan tahap II.

Dari 319 usulan, 171 kegiatan yang layak dipresentasikan di depan para kurator hingga akhirnya terpilih 110 KEN 2022 dengan kategori Top 10 KEN 2022 dan 100 Event KEN 2022 dari 34 provinsi di Indonesia. (Sumber: Artikel pikiran-rakyat.com Foto @sety762) 

   

Other Event

Oct/08 | MesaStila 100 2022

TripTrus.Com - Kamu sudah pernah dengar istilah trail running belum? Beberapa tahun ke belakang, istilah ini populer di kalangan pencinta lari. Berbeda dengan road running atau berlari di medan yang landai, trail running atau lari lintas alam akan menguji pelari di rute yang lebih menantang. Menawarkan keseruan berlari ditemani panorama alam yang luar biasa indahnya, MesaStila 100, sebuah kompetisi trail running di Indonesia, akan kembali diadakan di tahun 2022.        Lihat postingan ini di Instagram Sebuah kiriman dibagikan oleh θΏ‘θ—€ 文則 (@fuminori323) Tentunya event ini cocok banget masuk daftar kegiatan para pecinta olahraga, apalagi yang mau seru-seruan sembari menikmati keelokan pemandangan asri nusantara. Nah, artikel ini bakal jelasin 5 alasan kenapa kamu harus daftar jadi peserta MesaStila 100 sekarang juga! Tahun 2022 menjadi tahun ke-11 terselenggaranya MesaStila 100, lho! Setahun sebelumnya, event ini sukses menggaet sebanyak 461 partisipan yang di dalamnya terdapat pelari lokal dan mancanegara. Bayangkan, saking antusiasnya, para pelari mancanegara ini datang jauh-jauh dari Australia, Belgium, Brazil, Kanada, Perancis, dan 10 negara lainnya untuk berlari sambil merasakan suasana alam Indonesia. Wah, melihat euforia tahun lalu, event MesaStila 100 yang akan diadakan tanggal 8 hingga 10 Oktober nanti bisa banget nih, kamu manfaatkan buat berkenalan sekaligus memperluas relasi dengan pencinta lari lainnya. Enggak jarang lho, ada peserta yang enggak saling kenal di garis start, tapi jadi dekat ketika capai garis finish lomba lari lintas alam satu ini. Sekali ikutan, kamu bisa nambah kenalan yang punya hobi sama, seru banget kan? [Baca juga : "Ironman 70.3 Lombok"] Ada 5 kategori favorit pada MesaStila 100 yakni, 12 km, 25 km, 50 km, 75 km, dan 120 km. Pilihan berbagai kategori ini bertujuan untuk memberi kebebasan kepada para peserta sesuai dengan kemampuan masing-masing individu untuk berlari. Jadi, kalau kamu pemula dan masih ingin trial and error untuk kompetisi lari lintas alam, rute 12 km dengan tingkat kesulitan moderate mungkin akan cocok untukmu! (Sumber: Artikel indonesia.travel Foto @rachmatseptiyanto) ...
more.

Oct/07 | Wayang Jogja Night Carnival

TripTrus.Com - Dinas Pariwisata Kota Jogja akan menyelenggarakan kembali Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 sebagai bagian dari rangkaian puncak acara peringatan HUT ke-266 Kota Jogja. Beda dari tahun sebelumnya, untuk tahun ini diselenggarakan secara langsung. Untuk itu perlunya kesiapan yang matang mulai dari konsep, peraga, musik, properti dan kostum agar menjadi acara yang spektakuler. Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko mengatakan gelaran WJNC #7 tanggal 7 Oktober 2022 nanti bertema 'Lokananta Arjuna Anugraha' yang merupakan sebuah perangkat gamelan yang ada dalam cerita pewayangan yang menjadi tema tahun ini.       Lihat postingan ini di Instagram Sebuah kiriman dibagikan oleh BERANDA JOGJA (@berandajogja) "Tema ini menceritakan tentang pewayangan yang muncul dalam dua lakon yaitu pernikahan Arjuna dengan Sembadra dan pernikahan Baladewa dengan Erawati,'' ujarnya saat workshop WJNC #7 di KHAS Malioboro Hotel. Nantinya 14 kemantren akan memeriahkan kegiatan ini dengan tema-tema penokohan sesuai tema seperti Bathara Guru, Bathara Durga, Arjuna dan Bathara Gana/Ganesha, Bathara Supraba dan masih banyak penokohan lainnya. Wahyu menjelaskan untuk kedua kalinya WJNC #7 masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Harapannya ini menjadi event atau ajang promosi pariwisata seni dan budaya tingkat nasional di Indonesia, yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya. "Harapannya para sutradara yang ditunjuk di wilayah masing-masing dapat memberikan yang terbaik," ujarnya.  Walaupun penyelenggaraan WJNC #7 dilaksanakan secara langsung namun tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pihaknya juga berharap kegiatan ini menjadi atraksi yang selalu dinanti oleh warga Yogya, nasional bahkan internasional. ''Kami berharap semoga event unggulan pariwisata WJNC #7 ini menjadi salah satu atraksi yang selalu dinanti oleh wisatawan dan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan khususnya di Kota Jogja," jelasnya. [Baca juga : "Ironman 70.3 Lombok"] Ada 5 kategori favorit pada MesaStila 100 yakni, 12 km, 25 km, 50 km, 75 km, dan 120 km. Pilihan berbagai kategori ini bertujuan untuk memberi kebebasan kepada para peserta sesuai dengan kemampuan masing-masing individu untuk berlari. Jadi, kalau kamu pemula dan masih ingin trial and error untuk kompetisi lari lintas alam, rute 12 km dengan tingkat kesulitan moderate mungkin akan cocok untukmu! (Sumber: Artikel harianjogja.com Foto @invoke.myself) ...
more.

Oct/06 | Ironman 70.3 Lombok

TripTrus.Com - Siapa yang bermimpi pengin jadi Iron Man? Yuk, wujudkan cita-citamu. Eits, kamu enggak perlu jago akting atau nyari kostum biar tampilanmu mirip seperti Iron Man. Yang perlu kamu lakukan adalah daftar dan ikutan Ironman 70.3 Lombok, sebuah event wisata olahraga yang terdiri dari renang, lari, dan bersepeda.        Lihat postingan ini di Instagram Sebuah kiriman dibagikan oleh David Jamieson (@_forrest_grump_) Kalau sukses menyelesaikan triathlon ini dalam durasi yang sudah ditentukan, kamu bakal dapat gelar “Ironman”. Tertantang buat ikutan? Boleh banget, tapi sebelum itu simak dulu serba-serbi Ironman 70.3 Lombok, yuk! Lebih dari sekadar olahraga, Ironman 70.3 Lombok adalah momentum untuk uji kekuatan fisik dan mentalmu. Pasalnya, ini adalah triathlon jarak jauh yang butuh kekuatan, semangat, dan energi yang luar biasa. Total jarak di triathlon ini mencapai 70,3 mil (113 km) yang terdiri dari renang sejauh 1,2 mil (1,9 km), bersepeda 56 mil (90 km), dan lari 13,1 mil (21,1 km). Wah, menantang banget, kan? Enggak heran, nih, kalau Ironman 70.3 sering disebut sebagai event yang melatih diri untuk melampaui batas dan keluar dari zona nyaman. Catat, ya, ini akan dilangsungkan pada 6 sampai 9 Oktober 2022. Namun, pendaftaran bakal ditutup pada 20 September 2022. Ribuan atlet dari berbagai negara sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti ajang ini. [Baca juga : "Keroncong Plesiran"] Selain penasaran dengan jaraknya, kamu pasti pengin tahu medan yang bakal dilalui. Iya, kan? Dimulai dari renang, kamu akan diajak menaklukkan laut yang berada di depan Holiday Resort.  Setelah menikmati keindahan pantai, kamu akan diajak mengayuh sepeda keliling Lombok. Siap-siap, ya, karena rutenya bakal menantang, tetapi pemandangan yang jempolan. Kamu bakal melewati area permukiman di pesisir pantai, perbukitan, kota tua, sampai daerah perkotaan di Lombok. Nah, rute larinya juga enggak kalah menarik! Kamu bisa sambil memanjakan mata melihat panorama di sekitar Bukit Alberto dan Verve Beach Club. (Sumber: Artikel indonesia.travel Foto @nckydemos) ...
more.

Comment

ButikTrip.com
remen-vintagephotography

Related Trip

No trip related to this event

Upcoming Trips

Open Trip Gunung Rinjani
06 - 09 Oct 2022
Open Trip Gunung Raung
07 - 09 Oct 2022
Open Trip Dieng Plateau
07 - 09 Oct 2022
Open Trip Pulau Pahawang
07 - 09 Oct 2022
×

...