shop-triptrus

Festival Rekka Lamak


When
: 06 - 08 Jun 2022
Location
: Kab. Flores Timur
Short URL
: http://triptr.us/m7P9

TripTrus.Com - Kegiatan Rekka Lamak merupakan sebuah tradisi makan bersama ala adat di Desa Lamahala Jaya, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT. Makan adat ini biasanya dilakukan setiap tahun pada momentum Lebaran, usai masyarakat Lamahala melaksanakan sholat ied.

Semua masyarakat Lamahala datang membawa nasinya dari rumah masing-masing dan akan diberikan lauk pauk, biasanya berupa sup daging sapi, oleh para Raja (pembesar/ Ata Kebelen/ Bela Tello).

Mekanisme pelaksanaan Rekka Lamak ini dilakukan dengan cara, setiap isteri atau anak perempuan Lamahala menjunjung nampan atau dulang besar dari rumahnya berisi dua tiga piring nasi sesuai jumlah anggota keluarga.

Mereka berangkat dari rumah dipimpin oleh suaminya atau Ayahnya masing-masing menuju rumah suku untuk berkumpul bersama seluruh anggota suku lalu berjalan menuju rumah Kapitan (kumpulan beberapa suku).

Dari rumah kapitan rombongan kapitan berjalan menuju Bela (Raja) masing-masing. Dari rumah raja (ada 3 raja di Lamahala) mereka berjalan menuju Bale Adat. Sesampai di Bale Adat, makanan digelar di hadapan suami atau Ayah mereka, setelah itu Raja memerintahkan anak dan isterinya untuk memberikan kuah atau sup daging sapi kepada seluruh rakyat.

[Baca juga : "Festival Parade Pesona Kebangsaan"]

Beberapa nilai budaya yang dapat dipetik dari pelaksanaan kegiatan ini, yakni:

1) Kakan kerun, arin baki. Secara sempit berarti Kakak mendamaikan dan menenteramkan adik. Nilai budaya di sini yakni bahwa sebagai Kakak (Raja) wajib melindungi, menjaga, dan mensejahterakan rakyatnya. Hal ini terlihat pada saat Raja memberikan lauk pauk bagi rakyatnya.

2) Puin taan uin tou, gahan taan kahan ehan. Paham ini mengandung nilai adanya rasa persatuan dan kesatuan dalam pelaksanaan upacara ini. Hal ini tampak dalam kebersamaan yang dibangun selama pelaksanaan kegiatan. Bahwa semua unsur terkecil sampai terbesar saling menguatkan untuk menyukseskan acara.

3) Tekan tabe gike hukut, tenu tabe lobo luan. Filosofi ini mengandung arti sedikit pun makanan atau minuman mari sama dirasa. Hal ini ditandai dengan pembagian lauk pauk yang sama rata, mulai dari ukuran, rasa, dan jenis. Kesemuanya ini menjadi ciri bahwa keadilan akan menimbulkan kesejahteraan.

Rekka Lamak dilakukan di saat Lebaran karena momen Lebaran adalah momen saling maaf memaafkan. Ketika makan bersama maka semua rasa benci dan dendam hilang dengan sendirinya dan berganti saling memaafkan dan cinta kasih. (Sumber: Artikel reinha.com Foto diah_sarmiyati ) 

   

Other Event

Feb/25 | Pesta Bergoyang 2024

TripTrus.Com - Bakal ada Pesta Bergoyang keren di Bali tanggal 25 Februari 2024! Tempatnya di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali. Acaranya bakal keren banget, ada konser musik, tampilan budaya, pokoknya seru deh! Menparekraf, Sandiaga Uno, bilang ini bakal bikin pariwisata Bali makin asyik. Dia juga bilang Bali jadi kota pertama buat Pesta Bergoyang ini. Nantinya, acara seru ini akan mampir ke Semarang, Surabaya, Bandung, dan kota-kota lainnya di Indonesia. Sandiaga Uno juga ngomong, "Bali butuh yang segar-segar nih, biar makin ramai dan buka kesempatan kerja baru." Nggak cuma konser dan tampilan budaya, ada juga games seru dengan hadiah-hadiah menarik buat pengunjung. Kenapa Bali jadi pilihan buat Pesta Bergoyang pertama? Katanya sih, biar promosi pariwisata Bali makin oke, gabungin nuansa lokal tapi tetep kekinian. [Baca juga : "Sportel Bali Triathlon 2024"] Bayu Agustianto, Ketua Dewan Pembina Pesta Bergoyang, bilang Bali dipilih karena udah ahli banget dalam bikin acara kelas internasional. "Tujuannya buat promosi pariwisata dan budaya Indonesia, kita bakal bawa musikus dan ornamen-ornamen keren dari berbagai daerah di Indonesia," katanya. Tiketnya juga terjangkau banget, mulai dari Rp140.000 sampai Rp175.000. Kalian bakal ketemu sama Kangen Band, NDX AKA, dan DJ Mahesa yang bakal bikin kalian semua bergoyang gila! (Sumber Foto: @rizphotowork) ...
more.

Feb/24 | Festival Durian Desa Wisata Cibuntu 2024

TripTrus.Com - Nah, guys, udah pada denger belum? Festival Durian di Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, bakal segera digelar nih! Jadi, tanggal 24 Februari 2024, mark your calendar, guys! Ini masuk dalam Calender of Event 2024 Kuningan, loh! "Kuy, buruan daftar buat ramein festival durian!" tulis di Instagram @streetfoodkuningan yang ternyata di-back up sama akun Disporapar Kuningan, tanggal 15 Februari 2024 kemarin. Mereka ngingetin, ini acara tahunan yang wajib buat kalian yang suka durian. "Nah, bagi kalian yang durian lovers, wajib mampir ya!" serunya. Yang seru, ada challenge makan durian sepuasnya buat yang daftar duluan. Caranya? Daftar di link https://linktr.ee/EkrafInpar atau klik di bio Instagram Disporapar Kuningan. [Baca juga : "Pesta Bergoyang 2024"] "Ayo, sob, kita jalan-jalan sambil nikmatin durian lokal terbaik! Jangan sampe ketinggalan, buruan daftar sebelum pendaftaran ditutup!" kata Disporapar Kuningan. Deadline-nya itu lho, tanggal 16 Februari 2024. Jadi, cepetan daftar ya, guys! Biar bisa merasain durian di tengah alam yang adem, sambil ngeliat pemandangan keren. Meskipun namanya Festival Durian, di sini juga bakal ada jualan buah lokal asli Kuningan lainnya, loh. Mulai dari nangka dulang, jambu kristal, sampe salak, buah naga, rambutan, dan masih banyak lagi! Seru banget kan. (Sumber Foto: @festivalduriandoro)  ...
more.

Feb/24 | Cap Go Meh Singkawang 2024

TripTrus.Com - Nih, di Singkawang, Kalbar, udah siap banget buat ngejagain Imlek dan Cap Go Meh 2024 dengan semangat yang nggak main-main. Buat wong Tionghoa, Imlek tuh penting banget, kan? Enggak cuma sehari doang, tapi sampe 15 hari setelah Tahun Baru dimulai, terus puncaknya itu disebut Cap Go Meh.       View this post on Instagram A post shared by marexsmotret (@marexsmotret) Di Singkawang, Cap Go Meh diisi dengan berbagai atraksi keren, kayak Barongsai, Ular Naga, Choi Lam Shin alias Keranjang Jelangkung, sama tradisi Tatung alias Louya. Nah, Singkawang itu terkenal banget jadi tempat paling oke buat merayakan Imlek 2024, ada pawai lampion, pertunjukan seni Tionghoa, sama ritual cuci jalan. [Baca juga : "Kalbar Food Festival 2024"] Walikota Singkawang, Sumastro, bilang kalo perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 bakal disesuaikan biar nggak bentrok sama Pemilu 2024. Tema "Budaya Pemersatu Bangsa" bakal diangkat buat perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 di Singkawang. Ada acara ritual cuci jalan, festival kuliner Cap Go Meh, dan ritual Ket Sam Thoi. Perayaan Cap Go Meh bakal digelar di kelenteng dan altar tanggal 24 Februari 2024. Dan cek juga ya, 6.000 lampion bakal hiasin sejumlah jalan di Singkawang, kayak Jalan P. Diponegoro, Jalan Sejahtera, Jalan Budi Utomo, dan Jalan Setia Budi, jadi perayaannya makin rame aja! (Sumber Foto: @andy_lo_)  ...
more.

Comment

ButikTrip.com
remen-vintagephotography

Related Trip

No trip related to this event
×

...