shop-triptrus

Festival Pesona Aekhula


When
: 18 - 22 Jun 2022
Location
: Kab. Nias Barat
Short URL
: http://triptr.us/nbg9

TripTrus.Com - Festival Pesona Aekhula (FPA) merupakan event tahunan yang dirancang selain untuk percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, juga untuk pelestarian nilai-nilai budaya dan mempromosikan potensi pariwisata daerah Kabupaten Nias Barat. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si pada Dialog Interaktif dengan RRI Gunungsitoli.

“Festival Pesona Aekhula 2022 merupakan salah satu event yang masuk dalam jajaran 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) yang bertujuan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi. Selain itu, Festival Pesona Aekhula merupakan event untuk melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal daerah serta mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Nias Barat”, kata Imelda Hia.

Lebih lanjut Imelda Hia menginformasikan bahwa Festival Pesona Aekhula yang dilaksanakan pada tanggal 18-22 Juni 2022 diisi dengan pelaksanaan berbagai lomba yang sangat menarik untuk diikuti.

“Ada beberapa kegiatan menarik yang kita tawarkan untuk diikuti oleh seluruh masyarakat Kepulauan Nias antara lain Penampilan Sanggar Budaya dan Pertunjukan, Lomba Aekhula Voice, Festival Kuliner, Lomba Kerajinan Tangan, Lomba Layang-layang, Spot foto dan mancing mania. Selain itu, sepanjang pelaksanaan event, masyarakat Nias Barat akan dihibur oleh artis-artis lokal”,  urai Imelda Hia.

Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Imelda Hia juga menyampaikan alasan mengapa Festival Pesona Aekhula 2022 ini masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara.

“Yang mebedakan Festival Pesona Aekhula masuk dalam jajaran 110 Kharisma Event Nusantara, karena lebih menonjolkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal daerah Nias Barat”, jelasnya.

Pelaksanaan event FPA 2022 mengangkat Tema The Spirit of Aekhula. Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah semangat kebersamaan dan gotongroyong dari seluruh masyarakat Nias Barat untuk membangkitkan geliat pariwisata, budaya dan ekonomi yang sempat terpuruk di masa pandemi Covid-19.

Melalui Festival ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik lokal, nusantara maupun mancanegara. Event ini juga diharapkan dapat  mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang selama ini belum dikenal luas oleh masyarakat lokal maupun luar daerah pulau Nias.

[Baca juga : "Festival Lamaholot"]

Beberapa hal yang telah dilakukan untuk menyambut pelaksanaan festival pesona aekhula yaitu melakukan promosi melalui media sosial dan melalui publikasi di luar ruangan melalui pemasangan spanduk dan baliho di tempat-tempat strategis dan di sekitar lokasi pelaksanaan acara.

Terlihat di beberapa lokasi mulai dari perbatasan Kabupaten Nias dan Nias Barat di Kecamatan Lolofitu Moi, di sepanjang jalan di Kecamatan Mandrehe menuju Kecamatan Sirombu sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan, telah terpasang baliho, spanduk dan umbul-umbul untuk mempromosikan dan menyemarakkan pelaksanaan Festival Pesona Aekhula.

Di sekitar lokasi pelaksanaan kegiatan, di lapangan bola kaki Tetesua, Pantai Sirombu dan Kolam Pemancingan di Tugalagawu sudah mulai dilaksanakan gotongroyong untuk membersihkan lokasi. Bahkan secara rutin telah dijadwalkan pelaksanaan gotongroyong melibatkan perangkat daerah, Forkopimcam, Pemerintah Desa dan Masyarakat sekitar lokasi. (Sumber: Artikel niasbaratkab.go.id Foto  @rapan_jiel ) 

   

Other Event

Feb/25 | Pesta Bergoyang 2024

TripTrus.Com - Bakal ada Pesta Bergoyang keren di Bali tanggal 25 Februari 2024! Tempatnya di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali. Acaranya bakal keren banget, ada konser musik, tampilan budaya, pokoknya seru deh! Menparekraf, Sandiaga Uno, bilang ini bakal bikin pariwisata Bali makin asyik. Dia juga bilang Bali jadi kota pertama buat Pesta Bergoyang ini. Nantinya, acara seru ini akan mampir ke Semarang, Surabaya, Bandung, dan kota-kota lainnya di Indonesia. Sandiaga Uno juga ngomong, "Bali butuh yang segar-segar nih, biar makin ramai dan buka kesempatan kerja baru." Nggak cuma konser dan tampilan budaya, ada juga games seru dengan hadiah-hadiah menarik buat pengunjung. Kenapa Bali jadi pilihan buat Pesta Bergoyang pertama? Katanya sih, biar promosi pariwisata Bali makin oke, gabungin nuansa lokal tapi tetep kekinian. [Baca juga : "Sportel Bali Triathlon 2024"] Bayu Agustianto, Ketua Dewan Pembina Pesta Bergoyang, bilang Bali dipilih karena udah ahli banget dalam bikin acara kelas internasional. "Tujuannya buat promosi pariwisata dan budaya Indonesia, kita bakal bawa musikus dan ornamen-ornamen keren dari berbagai daerah di Indonesia," katanya. Tiketnya juga terjangkau banget, mulai dari Rp140.000 sampai Rp175.000. Kalian bakal ketemu sama Kangen Band, NDX AKA, dan DJ Mahesa yang bakal bikin kalian semua bergoyang gila! (Sumber Foto: @rizphotowork) ...
more.

Feb/24 | Festival Durian Desa Wisata Cibuntu 2024

TripTrus.Com - Nah, guys, udah pada denger belum? Festival Durian di Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, bakal segera digelar nih! Jadi, tanggal 24 Februari 2024, mark your calendar, guys! Ini masuk dalam Calender of Event 2024 Kuningan, loh! "Kuy, buruan daftar buat ramein festival durian!" tulis di Instagram @streetfoodkuningan yang ternyata di-back up sama akun Disporapar Kuningan, tanggal 15 Februari 2024 kemarin. Mereka ngingetin, ini acara tahunan yang wajib buat kalian yang suka durian. "Nah, bagi kalian yang durian lovers, wajib mampir ya!" serunya. Yang seru, ada challenge makan durian sepuasnya buat yang daftar duluan. Caranya? Daftar di link https://linktr.ee/EkrafInpar atau klik di bio Instagram Disporapar Kuningan. [Baca juga : "Pesta Bergoyang 2024"] "Ayo, sob, kita jalan-jalan sambil nikmatin durian lokal terbaik! Jangan sampe ketinggalan, buruan daftar sebelum pendaftaran ditutup!" kata Disporapar Kuningan. Deadline-nya itu lho, tanggal 16 Februari 2024. Jadi, cepetan daftar ya, guys! Biar bisa merasain durian di tengah alam yang adem, sambil ngeliat pemandangan keren. Meskipun namanya Festival Durian, di sini juga bakal ada jualan buah lokal asli Kuningan lainnya, loh. Mulai dari nangka dulang, jambu kristal, sampe salak, buah naga, rambutan, dan masih banyak lagi! Seru banget kan. (Sumber Foto: @festivalduriandoro)  ...
more.

Feb/24 | Cap Go Meh Singkawang 2024

TripTrus.Com - Nih, di Singkawang, Kalbar, udah siap banget buat ngejagain Imlek dan Cap Go Meh 2024 dengan semangat yang nggak main-main. Buat wong Tionghoa, Imlek tuh penting banget, kan? Enggak cuma sehari doang, tapi sampe 15 hari setelah Tahun Baru dimulai, terus puncaknya itu disebut Cap Go Meh.       View this post on Instagram A post shared by marexsmotret (@marexsmotret) Di Singkawang, Cap Go Meh diisi dengan berbagai atraksi keren, kayak Barongsai, Ular Naga, Choi Lam Shin alias Keranjang Jelangkung, sama tradisi Tatung alias Louya. Nah, Singkawang itu terkenal banget jadi tempat paling oke buat merayakan Imlek 2024, ada pawai lampion, pertunjukan seni Tionghoa, sama ritual cuci jalan. [Baca juga : "Kalbar Food Festival 2024"] Walikota Singkawang, Sumastro, bilang kalo perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 bakal disesuaikan biar nggak bentrok sama Pemilu 2024. Tema "Budaya Pemersatu Bangsa" bakal diangkat buat perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 di Singkawang. Ada acara ritual cuci jalan, festival kuliner Cap Go Meh, dan ritual Ket Sam Thoi. Perayaan Cap Go Meh bakal digelar di kelenteng dan altar tanggal 24 Februari 2024. Dan cek juga ya, 6.000 lampion bakal hiasin sejumlah jalan di Singkawang, kayak Jalan P. Diponegoro, Jalan Sejahtera, Jalan Budi Utomo, dan Jalan Setia Budi, jadi perayaannya makin rame aja! (Sumber Foto: @andy_lo_)  ...
more.

Comment

ButikTrip.com
remen-vintagephotography

Related Trip

No trip related to this event
×

...