shop-triptrus

Festival Meti Kei 2022


When
: 10 - 28 Oct 2022
Location
: Pantai Ngiar Warat, Maluku
Short URL
: http://triptr.us/njG9

TripTrus.Com - Pasang surut air laut mungkin sudah terdengar biasa. Namun, pengecualian berlaku di Kepulauan Kei, sebuah surga bahari tersembunyi di Maluku. Setiap bulan Oktober, pulau ini mengalami surut terbesar, bahkan warga setempat bisa sampai main futsal pada area yang airnya surut.

Nah, fenomena alam yang langka kayak gini bakal lebih berkesan dan seru kalau dilihat langsung. Setuju, kan? Jadi, ayo agendakan datang ke Kepulauan Kei pada 10 hingga 28 Oktober 2022. Kamu pasti bakal makin terkesima karena momen yang terjadi setahun sekali ini juga dirayakan dengan Festival Meti Kei 2022. Festival apakah itu? Ayo kenalan dulu.

Kamu sudah pernah merasakan asyiknya menangkap ikan di laut belum? Bukan dengan cara mancing, lho, tetapi dengan teknik tradisional. Kalau belum, Festival Meti Kei 2022 siap memberimu pengalaman yang beda. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ronald Maskim (@ronald_maskim)

Bersama masyarakat lokal, kamu bisa ikut menangkap ikan menggunakan tali panjang yang dililit daun kelapa lalu dibentangkan di tengah laut yang sedang surut. Setelah ikan terkumpul, tali akan ditarik beramai-ramai. Ikan-ikan segar itu pun akan dibakar dan disantap bersama di pinggir pantai. Kebayang kan seru dan kehangatan yang bakal tercipta?

Memadukan tradisi dan budaya yang autentik dengan panorama alam yang cantik memang sudah jadi konsep Festival Meti Kei. Selain tradisi menangkap ikan, kamu bakal dibuat makin happy dengan warna-warni seni budaya yang ditampilkan oleh sanggar dan komunitas setempat. Ada yang menari, menyanyi, memainkan alat musik, dan lain sebagainya.

Pada Festival Meti Kei 2021 lalu, ada lebih dari 800 peserta yang menyemarakkan karnaval budaya. Mereka terbagi menjadi 36 kelompok dan masing-masing menampilkan atraksi yang berbeda, khas daerah masing-masing. Pokoknya meriah banget!

Siapa yang setiap datang ke festival apa pun nyarinya makanan khas dan tempat berburu produk UMKM lokal? Tenang, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah menyiapkan Festival Kuliner dan Festival Ekraf. Keduanya akan dilangsungkan pada 26 hingga 28 Oktober 2022.

Kuliner yang disajikan juga beragam, mulai dari makanan tradisional hingga camilan dan aneka hasil olahan yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Nah, untuk Festival Ekraf, produk-produk yang dipamerkan meliputi suvenir dan ragam kriya. Kehadiran Festival Kuliner dan Ekraf diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan UMKM lokal dan perekonomian setempat.

Selain menyambut kamu dengan keunikan seni budaya dan produk lokal, Festival Meti Kei 2022 juga bakal ngajak kamu mengeksplorasi alamnya sambil balap sepeda. Yaps, ada agenda Tour De Moluccas di mana peserta akan ditantang untuk menaklukkan beberapa tanjakan di Kepulauan Kei. Namun, yang jadi daya tarik dalam balapan ini adalah hampir 70 persen treknya akan berdampingan dengan pesisir pantai. Tur ini pun akan berakhir di Pantai Ngiar Warat, tempat berlangsungnya acara puncak Festival Meti Kei 2022.

[Baca juga : "Festival Fagogoru 2022"]

Dilangsungkan selama kurang lebih tiga pekan, enggak akan ada hari yang sepi selama Festival Meti Kei 2022. Pasalnya, ada banyak banget lomba-lomba asyik yang dapat diikuti. Sebut saja lomba story telling, lomba tari tradisional, lomba layangan, dan lomba dayung sampan. 

Yang cocok untuk para pemacu adrenalin adalah lomba futsal dan voli pantai ekstrem. Kenapa disebut ekstrem? Karena kedua lomba olahraga itu bakal diadakan di pantai yang airnya sedang surut. Oh iya, ngomongin soal olahraga, Festival Meti Kei juga akan menyelenggarakan lomba lari bertajuk 10K Great Kei Run.

Selain melestarikan budaya, Festival Meti Kei 2022 berusaha untuk mengedukasi masyarakat tentang menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini ditunjukkan lewat kegiatan penanaman bakau yang dijadwalkan pada 14 Oktober 2022. Yuk, ikutan! Kamu bisa menjadikan momentum untuk berkontribusi dalam konservasi.

Ragam aktivitas di Festival Pesona Meti Kei sudah bikin kamu terkesima? Masih ada satu lagi, nih, keseruan yang bikin betah berlama-lama di Maluku Tenggara, yakni mengeksplorasi Desa Wisata Ngilngof. Desa ini punya banyak kuliner enak hingga deretan pantai nan eksotis. Satu di antaranya adalah Pantai Ngurbloat yang airnya super jernih dan pasirnya disebut-sebut sebagai pasir terhalus di Indonesia. 

Dilihat dari agenda dan aktivitas yang disuguhkan Festival Meti Kei 2022, event ini bisa memperkaya pengalaman, bikin perut kenyang, dan jadikan hatimu makin riang. Karena event-nya berlangsung cukup lama, kamu bisa puas-puasin menikmati Kepulauan Kei. Nah, selama seru-seruan, kamu harus tetap pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan secara berkala. (Sumber: Artikel indonesia.travel Foto @ronald_maskim) 

   

Other Event

Feb/25 | Pesta Bergoyang 2024

TripTrus.Com - Bakal ada Pesta Bergoyang keren di Bali tanggal 25 Februari 2024! Tempatnya di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali. Acaranya bakal keren banget, ada konser musik, tampilan budaya, pokoknya seru deh! Menparekraf, Sandiaga Uno, bilang ini bakal bikin pariwisata Bali makin asyik. Dia juga bilang Bali jadi kota pertama buat Pesta Bergoyang ini. Nantinya, acara seru ini akan mampir ke Semarang, Surabaya, Bandung, dan kota-kota lainnya di Indonesia. Sandiaga Uno juga ngomong, "Bali butuh yang segar-segar nih, biar makin ramai dan buka kesempatan kerja baru." Nggak cuma konser dan tampilan budaya, ada juga games seru dengan hadiah-hadiah menarik buat pengunjung. Kenapa Bali jadi pilihan buat Pesta Bergoyang pertama? Katanya sih, biar promosi pariwisata Bali makin oke, gabungin nuansa lokal tapi tetep kekinian. [Baca juga : "Sportel Bali Triathlon 2024"] Bayu Agustianto, Ketua Dewan Pembina Pesta Bergoyang, bilang Bali dipilih karena udah ahli banget dalam bikin acara kelas internasional. "Tujuannya buat promosi pariwisata dan budaya Indonesia, kita bakal bawa musikus dan ornamen-ornamen keren dari berbagai daerah di Indonesia," katanya. Tiketnya juga terjangkau banget, mulai dari Rp140.000 sampai Rp175.000. Kalian bakal ketemu sama Kangen Band, NDX AKA, dan DJ Mahesa yang bakal bikin kalian semua bergoyang gila! (Sumber Foto: @rizphotowork) ...
more.

Feb/24 | Festival Durian Desa Wisata Cibuntu 2024

TripTrus.Com - Nah, guys, udah pada denger belum? Festival Durian di Desa Wisata Cibuntu, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, bakal segera digelar nih! Jadi, tanggal 24 Februari 2024, mark your calendar, guys! Ini masuk dalam Calender of Event 2024 Kuningan, loh! "Kuy, buruan daftar buat ramein festival durian!" tulis di Instagram @streetfoodkuningan yang ternyata di-back up sama akun Disporapar Kuningan, tanggal 15 Februari 2024 kemarin. Mereka ngingetin, ini acara tahunan yang wajib buat kalian yang suka durian. "Nah, bagi kalian yang durian lovers, wajib mampir ya!" serunya. Yang seru, ada challenge makan durian sepuasnya buat yang daftar duluan. Caranya? Daftar di link https://linktr.ee/EkrafInpar atau klik di bio Instagram Disporapar Kuningan. [Baca juga : "Pesta Bergoyang 2024"] "Ayo, sob, kita jalan-jalan sambil nikmatin durian lokal terbaik! Jangan sampe ketinggalan, buruan daftar sebelum pendaftaran ditutup!" kata Disporapar Kuningan. Deadline-nya itu lho, tanggal 16 Februari 2024. Jadi, cepetan daftar ya, guys! Biar bisa merasain durian di tengah alam yang adem, sambil ngeliat pemandangan keren. Meskipun namanya Festival Durian, di sini juga bakal ada jualan buah lokal asli Kuningan lainnya, loh. Mulai dari nangka dulang, jambu kristal, sampe salak, buah naga, rambutan, dan masih banyak lagi! Seru banget kan. (Sumber Foto: @festivalduriandoro)  ...
more.

Feb/24 | Cap Go Meh Singkawang 2024

TripTrus.Com - Nih, di Singkawang, Kalbar, udah siap banget buat ngejagain Imlek dan Cap Go Meh 2024 dengan semangat yang nggak main-main. Buat wong Tionghoa, Imlek tuh penting banget, kan? Enggak cuma sehari doang, tapi sampe 15 hari setelah Tahun Baru dimulai, terus puncaknya itu disebut Cap Go Meh.       View this post on Instagram A post shared by marexsmotret (@marexsmotret) Di Singkawang, Cap Go Meh diisi dengan berbagai atraksi keren, kayak Barongsai, Ular Naga, Choi Lam Shin alias Keranjang Jelangkung, sama tradisi Tatung alias Louya. Nah, Singkawang itu terkenal banget jadi tempat paling oke buat merayakan Imlek 2024, ada pawai lampion, pertunjukan seni Tionghoa, sama ritual cuci jalan. [Baca juga : "Kalbar Food Festival 2024"] Walikota Singkawang, Sumastro, bilang kalo perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 bakal disesuaikan biar nggak bentrok sama Pemilu 2024. Tema "Budaya Pemersatu Bangsa" bakal diangkat buat perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2024 di Singkawang. Ada acara ritual cuci jalan, festival kuliner Cap Go Meh, dan ritual Ket Sam Thoi. Perayaan Cap Go Meh bakal digelar di kelenteng dan altar tanggal 24 Februari 2024. Dan cek juga ya, 6.000 lampion bakal hiasin sejumlah jalan di Singkawang, kayak Jalan P. Diponegoro, Jalan Sejahtera, Jalan Budi Utomo, dan Jalan Setia Budi, jadi perayaannya makin rame aja! (Sumber Foto: @andy_lo_)  ...
more.

Comment

ButikTrip.com
remen-vintagephotography
×

...