shop-triptrus

Aceh Ramadhan Festival 2024


When
: 29 Mar - 01 Apr 2024
Location
: Kota Banda Aceh
Short URL
: http://triptr.us/nG09

TripTrus.Com -  Bro, Aceh Ramadhan Festival lagi diadain, loh! Buat nunjukin kece badai-nya pariwisata Aceh lewat pertunjukan budaya keren dan atraksi wisata yang gak kalah oke.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Aceh Besar Now (@acehbesarnow)

Ada Azwardi, Pj Sekda Aceh, yang mewakili Pj Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, resmi buka festivalnya di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Jumat kemarin, tanggal 29 Maret 2024. Festival ini digelar sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, guys, dengan tema utama Perjalanan Spiritual di Serambi Makkah.

Azwardi ngebacain sambutan dari Pj Gubernur Aceh, bilang kalau event tahunan ini udah masuk tahun ke-6 dan semakin mantap jadi acara khas Aceh yang jadi destinasi wisata halal keren di Indonesia. "Event ini bakal bawa pengalaman Ramadan yang spiritual banget dengan tradisi dan budaya khas Aceh," ujar Azwardi.

Disampaikan juga kalau Pemerintah Aceh lewat Disbudpar Aceh terus dorong event-event keren untuk promosiin potensi budaya, keunikan, dan kekhasan Aceh, termasuk Aceh Ramadhan Festival yang jadi ciri khas banget. Lho, Aceh Ramadhan Festival juga masuk dalam Top 110 Event Daerah Terbaik Nasional versi Kemenparekraf, guys, dan masuk daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Ada berbagai kegiatan seru yang disiapin buat ngerayain suasana Ramadan di Aceh, mulai dari nyicipin takjil, ngabuburit sambil main permainan tradisional, sampe buka puasa bersama ala adat Aceh kayak khauri kanji, khatam Alquran, dan khauri Ramadan. Terus ada juga acara zikir khas Aceh, kirab, sampe perjalanan spiritual bareng di Masjid Raya Baiturrahman. Di lapangan eks hotel Aceh, juga ada Sagoe Piasan Aceh yang jadi bagian penting dari Aceh Ramadhan Festival 2024, guys.

[Baca juga : "Pesta Adat Dan Budaya Lom Plai 2024"]

Banyak seni tradisi Aceh yang Islami banget, kayak nasyid, gambus, musik etnik religi, tarian tradisi, dan hadrah yang bakal jadi hiburan seru pas buka puasa. Bakal ada kolaborasi seru antara artis nasional kayak Fadly “Padi” sama seniman Aceh Bur’am dan Rabbani Wahed yang jadi penutup acara Sagoe Piasan Aceh di hari terakhir festival.

Acara tahun ini juga dilakukan berkolaborasi dengan banyak pihak, termasuk Dinas Syariat Islam, Pemkot Banda Aceh, Kemenparekraf, Bank Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Bank Aceh Syariah, Rumah Zakat, dan masyarakat di seluruh kecamatan Banda Aceh.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bakal menutup langsung Aceh Ramadhan Festival di Masjid Raya Baiturrahman pada Senin, tanggal 1 April 2024. (Sumber Foto: @kabaraceh) 

   

Other Event

Oct/10 | Indonesian Contemporary Art and Design 2024

TripTrus.Com - Wih, nih, lo pada tau ga? Ada acara keren namanya Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD), bro! Jadi, ICAD itu ngejembatani seni sama desain dari segala bidang, dari desain interior, produk, arsitektur, sampe yang lain-lain gitu, kayak fashion, film, perhotelan, teknologi, makanan, minuman, pokoknya macem-macem deh. Ini kayak platform keren yang ngefasilitasi kolaborasi antara bidang-bidang tersebut, dan juga jadi pameran gede-gedean yang ngerekam karya seni dan desain kontemporer di Indonesia, sambil peluk keragaman budaya kita, gitu.       View this post on Instagram A post shared by Raditya Ardianto Taepoer (@raditard) Tiap kali ada pameran, pasti bakal ada karya-karya kreatif dari segala bidang, dari yang senior sampe yang muda-muda, dan ada juga kolektif atau komunitas yang punya misi serupa. Karya-karya mereka diacak-acak ke dalam lima kategori, yakni Special Appearance, In Focus, Featured, Open Submission, dan Collaboration. [Baca juga : "Dieng Culture Festival 2024"] Nah, ICAD 14 ini ngeluarin tema keren abis, yaitu "Aura". Dalam konteks keadaan dunia yang lagi ribet gini, "Aura" beneran punya arti dalam, bro. Para seniman dan desainer Indonesia, lewat karya-karya keren mereka, lagi nyoba hadepin masalah-masalah penting kayak lingkungan, budaya, dan teknologi. Mereka lagi nyari cara buat ngimbangin tradisi sama zaman sekarang yang lagi berubah dengan cepet. Mereka ngegabungin tenaga mereka lewat "hyper-innovation" gitu, buat ngasih perspektif yang relevan bukan cuma di Indonesia, tapi global juga. Pameran ini bakal nunjukin kemampuan mereka dalam ngadepin ribetnya zaman sekarang, dan buka peluang buat masa depan yang lebih oke dan adil untuk semua. (Sumber Foto: @naastarkeju) ...
more.

Oct/07 | Wayang Jogja Night Carnival 2024

TripTrus.Com - Bro, tau gak, Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) udah jadi acara keren banget di Kota Jogja, tiap 7 Oktober setiap tahunnya buat merayain ultahnya Kota Jogja. WJNC tuh kayak karnaval jalanan, tapi munculin tema pewayangan, mulai dari 2016 lho. Di sini, kita bakal liat seni koreografi, busana keren, musik yang kekinian, dan lampu-lampu yang bikin wah. Awalnya sih cuma karnaval, tapi seiring berjalannya waktu, jadi street art yang nggak lupa sama Tugu Jogja, mobil-mobil hiasan, dan tentu aja, wayang. Dan yang seru, ini acara malam, bro!       View this post on Instagram A post shared by Fikri - Ihsan R (PEPY) (@pepy_fikri) [Baca juga : "Dieng Culture Festival 2024"] Nah, WJNC ini juga bawa tema-tema cerita pewayangan yang seru, involving peserta dari 14 kecamatan di Kota Jogja. Buat yang edisi #9, mereka bakal angkat cerita Gatotkaca Wirapraja, yang isinya keren banget, ada tokoh Gatotkaca yang keren abis. Dia tuh contoh banget buat orang-orang, pemberani, dan patriot juga. Gatotkaca ini udah jadi kayak pahlawan lokal banget deh, iconic banget buat Indonesia. Terus, kayak tahun-tahun sebelumnya, WJNC #9 ini bakal kolaborasi sama komunitas seni, UMKM, dan instansi terkait, buat kasih pengalaman yang lebih ke pengunjung lewat "WJNC Fest". Seru kan, bro! (Sumber Foto: @wiwitbrahmantyo)  ...
more.

Aug/23 | Dieng Culture Festival 2024

TripTrus.Com - Dieng Culture Festival alias Festival Dieng itu acara keren yang nyatuin keindahan alam, budaya unik, sama tradisi di Dataran Tinggi Dieng. Acara ini digelar buat ngeembangin potensi desa lewat pariwisata berbasis komunitas, ngelestariin seni tradisi dan budaya lokal, ngembangin industri kreatif desa lewat pertunjukan, plus bantuin keluarga anak gimbal yang kurang mampu. Yang bikin seru, ada rangkaian cukur rambut gimbal diiringin kesenian, Jazz Atas Awan, sama penerbangan lampion di Dieng. Tema Dieng Culture Festival 2024 adalah "Journey of Culture" dan bakal digelar bulan Agustus. Pas banget, bulan itu Dieng kadang-kadang bisa sampe suhu 0 derajat Celsius, bikin suasananya kayak di Eropa. Acara ini bakal berlangsung di Kompleks Candi Arjuna, ikon peninggalan budaya benda berupa candi yang udah dikolaborasiin sama budaya non-benda ritual masyarakat, yaitu pencukuran rambut gimbal.         View this post on Instagram A post shared by Tour & Travel, Event Organizer (@maukemanasi) Dieng Culture Festival tuh pertunjukan yang nyatuin keindahan alam, budaya unik, sama tradisi di Dataran Tinggi Dieng. Diadakan buat ngeembangin potensi desa lewat pariwisata berbasis komunitas, ngelestariin seni tradisi dan budaya lokal, ngembangin industri kreatif desa lewat pertunjukan, sama bantuin keluarga anak gimbal yang kurang mampu. [Baca juga : "Festival Pacu Jalur 2024"] Tema tahun ini "Journey of Culture" dan bakal digelar bulan Agustus. Uniknya, ada rangkaian cukur rambut gimbal diiringin kesenian, Jazz Atas Awan, sama penerbangan lampion di Dieng. Suasana bulan itu bisa sampe suhu 0 derajat Celsius, bikin suasananya kayak di Eropa. Acara ini bakal berlangsung di Kompleks Candi Arjuna, ikon peninggalan budaya benda yang udah dikolaborasiin sama budaya non-benda ritual masyarakat, yaitu pencukuran rambut gimbal. (Sumber Foto: @jayakarta_travel) ...
more.

Comment

ButikTrip.com
remen-vintagephotography

Related Trip

No trip related to this event

Upcoming Trips

Pulau Harapan
20 - 21 Jul 2024
Baduy Dalam Jalur Ciboleger
20 - 21 Jul 2024
Pulau Harapan
27 - 28 Jul 2024
Baduy Dalam Jalur Ciboleger
27 - 28 Jul 2024
Pulau Harapan
03 - 04 Aug 2024
Baduy Dalam Jalur Ciboleger
03 - 04 Aug 2024
×

...