shop-triptrus

Erau Adat Kutai Dan Internasional Folk Art Festival 2016


When
: 20 - 28 Aug 2016
Location
: Tenggarong, Kalimantan Timur
Short URL
: http://triptr.us/d8b9

Dalam kegiatan ini Anda dapat menyaksikan upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, pertunjukan seni dan budaya dari berbagai daerah, lomba olahraga tradisional, lomba perahu naga, lomba perahu motor, expo dan pesta rakyat. Untuk acara Festival Seni Tradisi Internasional akan diikuti negara-negara anggota CIOFF dan akan dilaksanakan bersamaan dengan Festival Erau.

Erau berasal dari bahasa Kutai "eroh" yang artinya ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita. Suasana yang ramai, riuh rendah suara tersebut dalam arti: banyaknya kegiatan sekelompok orang yang mempunyai hajat dan mengandung makna baik bersifat sakral, ritual, maupun hiburan. Pelaksanaan upacara Erau dilakukan oleh kerabat keraton dengan mengundang seluruh tokoh pemuka masyarakat yang mengabdi kepada kerajaan. Mereka datang dari seluruh pelosok wilayah kerajaan dengan membawa bekal bahan makanan, ternak, buah-buahan, dan juga para seniman.

Erau pertama kali dilaksanakan pada upacara tijak tanah dan mandi ke tepian ketika Aji Batara Agung Dewa Sakti berusia 5 tahun. Setelah dewasa dan diangkat menjadi Raja Kutai Kartanegara yang pertama (1300-1325), juga diadakan upacara Erau. Sejak itulah Erau selalu diadakan setiap terjadi penggantian atau penobatan Raja-Raja Kutai Kartanegara. Dalam perkembangannya, upacara Erau selain sebagai upacara penobatan Raja, juga untuk pemberian gelar dari Raja kepada tokoh atau pemuka masyarakat yang dianggap berjasa terhadap Kerajaan. Dalam upacara Erau ini, Sultan serta kerabat Keraton lainnya memberikan jamuan makan kepada rakyat dengan memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya sebagai tanda terima kasih Sultan atas pengabdian rakyatnya.

Pelaksanaan Erau yang terakhir menurut tata cara Kesultanan Kutai Kartanegara dilaksanakan pada tahun 1965, ketika diadakan upacara pengangkatan Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara, Aji Pangeran Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat. Erau sebagai upacara adat Kutai dalam usaha pelestarian budaya dari Pemda Kabupaten Kutai baru diadakan pada tahun 1971 atas prakarsa Bupati Kutai saat itu, Drs.H. Achmad Dahlan. Upacara Erau dilaksanakan 2 tahun sekali dalam rangka peringatan ulang tahun kota Tenggarong yang berdiri sejak 29 September 1782.

Kini, kebijakan Pemerintah Kabupaten Kutai telah menjadikan Erau sebagai pesta budaya yakni dengan menetapkan waktu pelaksanaan Erau secara rutin. Selain itu, Festival Erau telah masuk dalam calendar of events pariwisata nasional, tidak lagi dikaitkan dengan seni budaya Keraton Kutai Kartanegara tetapi lebih bervariasi dengan berbagai penampilan ragam seni dan budaya yang ada serta hidup dan berkembang di seluruh wilayah Kabupaten Kutai.

Kota Tenggarong atau nama awalnya Tepian Pandan merupakan ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), di Provinsi Kalimantan Timur. Dulunya kota ini adalah ibu kota Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura dan berdiamnya makam para rajanya. Di Kota Tenggarong ada beberapa tujuan wisata seperti Pulau Kumala dengan fasilitas taman hiburan, kereta gantung, dan tower setinggi 100 meter. Ada pula Museum Mulawarman dan Kedaton Kutai Kartanegara.

Untuk menuju Tenggarong, Anda dapat mengarahkan penerbangan melalui Bandara Sepinggan di Balikpapan. Berikutnya, lanjutkan perjalanan darat menuju Kota Tenggarong sekira 3 jam lebih. Anda dapat menyambangi Kota Tenggarong dari Samarinda dengan perjalanan darat selama 45 menit.

Sumber: indonesia.travel Foto cioffindonesia.blogspot.com

   

Other Event

Sep/21 | Festival Pesona Danau Limboto 2019

TripTrus.Com-  Festival Pesona Danau Limboto 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 21 – 25 September 2019 dengan upacara meriah di sebuah lokasi dekat danau di Kabupaten Gorontalo, provinsi Gorontalo. Berbagai pertunjukan akan menghiasi acara untuk menghibur pengunjung festival Pesona Danau Limboto 2019. Di antara pertunjukan yang disajikan ada tarian tradisional kolosal dan pertunjukan kembang api yang berwarna-warni.       View this post on Instagram #FestivalPesonaDanauLimboto #DanauLimboto #gorontalo #gorontalounite #instanusantaragto #wonderful #Indonesia #genpi #instadaily A post shared by Ruly (@rulframe) onSep 20, 2018 at 7:18am PDT Banyak kegiatan dijadwalkan untuk festival ini, seperti pasar masakan lokal, fun bike, petualangan Dulamayo, lomba lari penuh warna, pameran, kompetisi foto dan video, dan seminar tentang Danau Limboto. Festival Pesona Danau Limboto 2019 akan diadakan di beberapa lokasi di seluruh Gorontalo, seperti di dekat danau, Pantai Taulaa, Biluhu dan puncak Dulamayo. [Baca juga : "Sail Nias 2019"] Festival ini bertujuan untuk membangun kesadaran di semua pihak untuk melestarikan danau sebagai situs potensial untuk pariwisata. Danau itu sendiri menampung berbagai jenis ikan, reptil dan burung. Festival ini juga berfungsi sebagai platform untuk mempromosikan kearifan lokal, masakan lokal, seni dan budaya serta pariwisata. (Sumber: Artikel pedomanwisata.com Foto festival-indonesia.id)...
more.

Oct/26 | Pesona Festival Danau Tektonik Poso 2019

TripTrus.Com - Pesona Festival Danau Tektonik Poso ke - 22 merupakan festival yang pertama kali di Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan sejak tahun 1989.       View this post on Instagram Pagi tenang, persiapan Festival Danau Tektonik Poso 😁 . . . . . . . #phodocgrapher #geonusantara#geosulteng #fdp #festivaldanauposo #poso #tentena #danauposo #backtonature #landscape #backpacker #palu #Repost @arief.munandar 📷 A post shared by 📍POSO, SULAWESI TENGAH (@poso_punya_cerita) onJan 16, 2018 at 9:21pm PST Event ini dilaksanakan di Danau Poso yaitu danau terbesar ke tiga di indonesia yang memiliki beragam keunikan salah satunya ikan sidat atau sogili sebagai hewan endemic yang hidup di Danau Poso. [Baca juga : "Sail Nias 2019"] Menyajikan beragam atraksi seni, olahraga tradisional, kuliner dan jelajah wisata serta kegiatan lainnya yang sangat menarik Sebagai salah satu icon Kabupaten Poso. (Sumber: Artikel kemenpar.go.id Foto transsulawesi.com)...
more.

Sep/18 | Saman Gayo Lues Festival 2019

TripTrus.Com - Saman merupakan nama tari tradisional suku Gayo yang berasal dari daerah Aceh. Dinamakan Tari Saman, karena Tarian ini diciptakan oleh seorang Ulama Gayo yang bernama Syekh Saman pada abad ke-14 Masehi. Tari Saman berupa gerakan yang mengikuti sebuah nyanyian syair yang berupa pujian kepada Allah SWT dan mengelu-elukan Nabi Muhammad SAW. Syair Tari Saman juga bisa berupa pantun nasihat dan tuntunan agar berbuat kebajikan.       View this post on Instagram Alam Bersaman #adventure#nature#ayokegayolues#jalanjalan#gayo#samangayolues#alam#adat#seni#landscape#indah#gunung#blangkejeren#gayolues A post shared by Mata Gong (@mata_gong) onJun 6, 2017 at 9:49am PDT Saman Gayo Alas Festival akan digelar pada 18 September 2019 dan dimeriahkan oleh ribuan penari dari 140 desa di wilayah Kabupaten Gayo Lues. Selain tarian dan budaya, tersedia juga aneka rupa makanan dan bumbu khas Kota Serambi Mekkah. [Baca juga : "Pesona Festival Danau Tektonik Poso 2019"] Selain parade seni dan budaya, festival ini akan di meriahkan oleh pameran berbagai produk lokal hingga sport tourism paralayang. (Sumber: Artikel genpi.co Foto merahputih.com)...
more.

Comment

ButikTrip.com
remen-vintagephotography

Upcoming Trips

Taka Bonerate
18 - 22 Sep 2019
Overland Sulawesi Selatan
18 - 25 Sep 2019
Jelajah Sumba NTT
18 - 22 Sep 2019
Sumba
19 - 22 Sep 2019
×

...